[Japan Trip] Day 11: Universal Studio Japan

Sebelumnya: [Day 10] Himeji Castle, Kokoen Garden, & Mount Shosha

Yuhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu~

Hari ini khusus didedikasikan untuk Universal Studio Japan (USJ) yang terletak di Osaka. Tidak seperti di Disneyland dan Disneysea, kali ini bukan saya yang membeli tiket masuknya. Website USJ versi English tidak menyediakan tempat untuk membeli tiket online. Jadi, saya mencari travel agent di Indonesia yang menjual tiket USJ dan akhirnya salah satu kakak saya yang membeli tiketnya di Jalan Tour. Harganya sih tidak beda jauh dengan versi Jepangnya (yah tergantung kurs) tapi yang berbeda adalah gambar tiketnya. Tiket USJ saya bergambar tokoh-tokoh dari Universal Wonderland sedangkan kalau membeli tiket langsung di USJ akan mendapatkan tiket bergambar Harry Potter😦

Kelebihan membeli tiket duluan adalah menghemat waktu mengantre. Saya sampai di USJ kira-kira pukul 08.30 dan antriannya sudah super panjang. Posisi pertama saya mengantre bahkan di samping loket membeli tiket. Saya mengantre kira-kira hampir satu jam dan begitu pintu dibuka, pengunjung yang sudah melewati bagian cek tiket langsung berlarian ke arah Wizarding World of Harry Potter (WWOHP). WWOHP memang menjadi tujuan utama sebagian besar pengunjung USJ. Kalau jumlah orang di dalam WWOHP sudah cukup banyak, petugas akan melarang masuk dan kita harus mengambil timed-ticket untuk masuk.

Wizarding World of Harry Potter (WWOHP)

Karena dari awal tujuan utama saya ke USJ adalah mengunjungi WWOHP ini, saya memberitahu kakak saya untuk siap-siap lari begitu sudah lewat pemeriksaan tiket😛 Dan akhirnya kami beneran lari-lari ke tempat WWOHP. Untungnya masih sempat masuk ke dalam dan saya melihat beberapa petugas sudah mulai menghitung jumlah orang yang masuk ke dalam.

Begitu sampai di depan WWOHP, musik Harry Potter sudah mengalun (di sini saya sudah super bahagia hahaha). Jalan masuknya dibuat menyerupai hutan dan di salah satu sudutnya terdapat mobil biru Ron yang rusak karena menabrak Whomping Willow. Tidak berapa jauh dari situ, sudah terlihat gerbang masuk Hogsmeade dengan tulisan “Welcome to HOGSMEADE”. Di dekat gerbang terdapat Hogwarts Express beserta masinisnya yang kadang-kadang keluar untuk berfoto bersama dengan pengunjung.

Wahana di WWOHP cuma dua: Harry Potter and the Forbidden Journey in 4K3D dan Flight of the Hipogriff. Saran saya, kalau sudah berhasil masuk ke WWOHP, langsung saja menuju ke arah Hogwarts Castle karena antrean Forbidden Journey dimulai dari sana. Forbidden Journey ini merupakan wahana yang peminatnya paling banyak di WWOHP dan kalau terlambat mengantre bisa-bisa harus berdiri menunggu sampai 2 jam lebih. Di Forbidden Journey, saya duduk di kursi, diberikan kacamata 3D, dan kemudian memulai perjalanan di Hogwarts. Ceritanya campur-campur dan yang agak menyedihkan suara tokoh-tokohnya menggunakan bahasa Jepang😦 Tapi, walaupun tidak mengerti apa yang dibicarakan, petualangannya sendiri seru! Saya merasakan bagaimana rasanya naik sapu terbang keliling kastil, dikejar naga, main Quidditch, bertemu dementor, dan kabur dari laba-laba raksasa. Tapi, buat yang takut ketinggian dan gampang pusing/mual sebaiknya tidak naik wahana ini kecuali rasa cinta terhadap Harry Potter bisa mengalahkan rasa takutnya.

Forbidden Journey terletak di bangunan yang sama dengan Filch’s Emporium of Confiscated Goods. Jadi, ketika sudah keluar dari Forbidden Journey, kita akan otomatis masuk ke Filch’s Emporium. Toko ini menjual berbagai macam barang mulai dari handuk, kaos, tas, alat tulis, gantungan kunci, kue, gelas, boneka, permen, dsb. Saya menghabiskan waktu cukup lama di sini dan tentunya membeli lumayan banyak barang sampai-sampai saya akhirnya juga membeli tas belanja Harry Potter yang besar😛

Di depan Filch’s Emporium terdapat Flight of the Hipogriff tapi saya tidak naik karena itu roller coaster. Karena tidak naik wahana Hipogriff, saya pun mengunjungi toko-toko yang ada satu-persatu. Daftar toko yang ada di WWOHP bisa dilihat di sini. Saya juga sempat mencoba frozen Butterbeer dan enak! Butterbeer sendiri ada dua macam: hot dan frozen. Menurut review orang-orang yang frozen jauh lebih enak, makanya saya mencoba yang frozen. Oh iya, saya membeli Butterbeer dengan paket mug. Jadi, Butterbeer disajikan menggunakan mug dan mugnya bisa dibawa pulang sebagai souvenir😀 Kalau tidak membeli paket mug, nanti Butterbeer disajikan dengan gelas plastik (kayak gelas plastik kalau beli jus).

Sebelum-sebelumnya saya memang tidak banyak membeli barang karena menyimpan uang untuk WWOHP ini dan akhirnya saya membeli banyak barang di sini :P Barang-barang yang dijual di WWOHP sangat beragam dan hampir semuanya menarik buat saya. Rasanya mau membeli semuanya tapi apalah daya dana tak mencukupi ><

Sayangnya ada dua tempat yang tidak sempat saya kunjungi: Three Broomsticks dan Hog’s Head karena itu tempat makan dan antreannya lumayan panjang. Saya juga tidak sempat menyaksikan Frog Choir, karena ketika mereka datang hanya untuk sesi foto dan kodoknya tidak bernyanyi😦

Saya sendiri super bahagia begitu masuk ke WWOHP karena melihat desain bangunannya, musik, dan suasananya benar-benar seperti masuk ke dunia lain. Tapi, bagi orang-orang yang bukan penggemar berat Harry Potter (baca: sekadar tahu saja), WWOHP tidak akan semenarik itu untuk dikunjungi. Ketika mau keluar dari WWOHP, rasanya sedih😦😦😦 Tapi, akhirnya saya keluar juga karena lapar dan mau mencoba wahana yang lain.

Ride and Show Attractions

Wahana berikutnya yang saya coba adalah The Amazing Adventures of Spiderman. Wahana ini juga 4K3D dan merupakan wahana yang paling banyak peminatnya di USJ. Saya mengantre cukup lama untuk wahana ini. Model permainannya mirip dengan Forbidden Journey. Karena saya sudah merasakan betapa bagusnya Forbidden Journey, Spiderman jadi terasa biasa saja, tapi tetap bagus kok. Nomor dua terbagus setelah Forbidden Journey tentunya😛

Saya makan siang di Louie’s N.Y. Pizza Parlor yang terletak di New York area. Restoran ini menjual pizza dan pasta. Saya membeli pizzanya dan lumayan enak, walaupun harganya mahal (semua barang yang ada di USJ mahal-mahal).

Sudah kenyang, saya pun mencoba Space Fantasy dan yang ini antrenya luar biasa lama. Rasanya saya mengantri lebih dari 1 jam dan ternyata ini roller coaster dalam ruangan -_- Saya baru tahu begitu mendekati pintu masuk. Tapi, karena sudah mengantre lama akhirnya saya masuk juga. Ternyata roller coaster dalam ruangan tidak membuat mainan ini menjadi lebih manusiawi. Tetap horor dan membuat saya panik. Akhirnya saya menutup mata hampir sepanjang waktu. Mungkin ada yang bertanya kenapa saya bisa mengantre di Space Fantasty? Alasannya karena ada oknum yang mengatakan Space Fantasy bagus karena bisa melihat bintang-bintang sepanjang perjalanan. Dan oknum tersebut mengatakan dia melewatkan semua roller coaster jadi saya berasumsi Space Fantasy ini bukan roller coaster. Tentunya setelah merasakan sendiri, saya protes ke oknum tersebut =_________=

Karena masih mengalami rasa tidak enak pasca Space Fantasy, saya pun memutuskan untuk menonton Terminator 2:3-D. Saran saya, kalau tidak mengerti bahasa Jepang, sebaiknya atraksi yang ini dilewatkan saja karena cukup membosankan. Intronya super panjang dan membosankan. Begitu masuk ke dalam teaternya juga filmnya membosankan.

Wahana terakhir yang saya coba adalah Jaws. Antrenya juga lama padahal sudah sore hari. Di sini saya naik kapal kemudian diantar berkeliling sungai, tentunya dengan si pemandu yang tidak berhenti bercerita. Nanti tiba-tiba ada hiu yang muncul ke permukaan dan si pemandu akan sibuk menembak hiu tersebut. Kapal juga akan masuk ke ruangan gelap dan tiba-tiba ada hiu lagi. Begitu keluar  dari ruangan itu dan kembali ke sungai, tiba-tiba bangunan di pinggir sungai terbakar dan saya benar-benar merasakan panas apinya. Hiunya juga ada yang muncul tepat di samping kapal dan menyebabkan penumpang kapal basah kena cipratan air.

Selesai dengan Jaws, nampaknya waktu sudah tidak cukup untuk naik wahana yang lain karena jam sudah menunjukkan pukul 18:00. Akhirnya saya menyempatkan diri masuk sekali lagi ke WWOHP karena penasaran dengan suasananya di malam hari. Seperti biasa, perjalanan ke USJ diakhiri dengan mengunjungi beberapa toko souvenir yang ada di dekat gerbang masuk USJ.

Sekian perjalanan hari ini.

Berikutnya: [Day 12] Kofukuji, Todaiji, & Kasuga-taisha

再见!

signatureblack

6 thoughts on “[Japan Trip] Day 11: Universal Studio Japan

1. Enzo says:

Hi..

Thanks untuk sharing ceritanya.. Mau tanya, kalo udah masuk ke WWOHP, kalo langsung antri ke forbidden journey dan hipogriff, setelah main apa masih bias keluar buat photo2 mobil ron dan lainnya?

1 wahana kira-kira antriannya brp jam ya?

Thank youu

• Hi🙂
      Iya setelah keluar dari Hogsmeade (area toko dan wahana), bisa ke tempat mobil ron karena itu ada di jalan masuk ke arah Hogsmeade.

Forbidden journey bisa ngantri 2-4 jam kalau telat ngantri. Kalau masih di awal kira-kira 30 menit saja sudah bisa main. Hipogriff ga serame Forbidden Journey, jadi antriannya lebih pendek.