[Japan Trip] Day 10: Himeji Castle, Kokoen Garden, & Mount Shosha


Sebelumnya: [Day 9] Osaka Castle & Shinsekai

Perjalanan hari ini diawali dengan mengunjungi Himeji Castle. Himeji Castle termasuk sebagai national treasure dan world heritage site. Kastilnya sendiri masih asli alias belum pernah dihancurkan. Saya bepergian dari Osaka ke Himeji menggunakan Shinkansen karena belum pernah merasakan naik Shinkansen😛 Harga tiket Shinkansen non-reserved dari Shin-Osaka ke Himeji itu sebesar ¥3460.

Sesampainya di Himeji Station, saya masih perlu berjalan kaki sekitar 20-25 menit untuk sampai ke Himeji Castle. Masuk ke dalam kastil tentu saja tidak gratis. Tersedia dua macam tiket: ¥1000 untuk kastil saja dan ¥1040 untuk masuk ke kastil dan Kokoen Garden yang terletak di dekat kastilnya.

Ketika saya datang, Himeji Castle super ramai. Kebanyakan pengunjungnya malah orang Jepang. Wajar saja soalnya kastil ini baru dibuka kembali untuk publik sejak Maret 2015. Sebelumnya, kastil ini ditutup karena mengalami renovasi selama beberapa tahun.

Interior Himeji Castle benar-benar sangat menggambarkan kastil-kastil jaman dulu. Sebelum masuk ke dalam Himeji Castle, ada baiknya menyiapkan diri karena tidak ada eskalator atau lift. Begitu melewati gerbang utama kastil, pengunjung bisa mengunjungi setiap lantai yang ada di dalam kastil dengan cara menaiki tangga yang tersedia. Tangganya sempit dan harus ekstra hati-hati apalagi kalau menggunakan kaus kaki karena licin. Semakin ke atas, tangganya semakin sempit dan curam. Isi di dalam kastilnya hanya ada beberapa keterangan mengenai desain arsitektural kastil (jangan mengharapkan banyak pajangan seperti di Osaka Castle karena Osaka Castle memang lebih ke arah museum). Di lantai paling atas terdapat kuil kecil dan kebanyakan orang Jepang yang berkunjung ke sini akan menyempatkan diri untuk berdoa di depan kuil kecil ini.

Setelah puas melihat Himeji Castle, selanjutnya saya menuju ke Kokoen Garden. Kokoen Garden terletak di luar Himeji Castle dan merupakan Japanese-style garden. Kalau sudah mengunjungi Himeji Castle, menurut saya taman ini wajib dikunjungi. Pemandangan di dalamnya indah dan tamannya lumayan luas. Mungkin pemandangannya akan lebih indah lagi kalau musim semi dimana sakura sudah mulai bermekaran.

Saya tidak menghabiskan waktu terlalu lama di Kokoen Garden karena masih ada tujuan selanjutnya, yaitu Mount Shosha (Shoshazan Engyoji). Pernah nonton The Last Samurai? Mount Shosha ini menjadi tempat syuting film The Last Samurai itu, makanya saya ingin mengunjunginya😀

Mount Shosha bisa dicapai menggunakan bus dan ropeway. Tiket bus dan ropeway dibeli di Shinki Bus Terminal yang ada di Sanyo Department Store. Begitu sampai di counter tiket, bilang saja mau membeli Round Trip Ticket for Mt. Shosha. Harga tiketnya ¥1300. Halte busnya sendiri terletak tidak jauh dari tempat membeli tiket. Naik bus nomor 8 dan turun di Mount Shosha Ropeway station. Setelah itu naik ropeway ke gunungnya. Kalau sudah sampai di gunung (sudah naik ropeway), ada dua cara untuk mencapai Maniden, tempat syuting The Last Samurai: jalan kaki atau naik bis. Kalau kuat jalan kaki, lebih enak jalan kaki karena bisa menikmati pemandangan. Jalan kaki akan membutuhkan waktu 20-30 menit dan jalanannya menanjak. Saya sendiri naik bus karena jalur jalan kaki cukup berat untuk kakak-kakak saya. Biaya masuk ke Mount Shosha ¥500, kalau naik bus maka biayanya menjadi ¥1000.

Oh iya, kalau naik bus, kita akan diturunkan di dekat Maniden dan harus berjalan kaki lagi kira-kira 5-10 menit. Ketika saya datang, tempatnya cukup sepi dan hanya ada beberapa turis sehingga bisa puas berfoto ria😛 Tempatnya bagus dan benar-benar berasa di tempat terpencil. Kalau tidak salah, tersedia penginapan bagi orang-orang yang mau merasakan bagaimana rasanya tinggal di sana.

Hari sudah mulai gelap ketika saya sampai ke Himeji Station lagi. Kali ini saya menggunakan kereta biasa untuk kembali ke Osaka karena harganya lebih murah dari Shinkansen namun menghabiskan waktu hampir 2 jam.

Sekian perjalanan hari ini.

Berikutnya: [Day 11] Universal Studio Japan

再见!

signatureblack

3 thoughts on “[Japan Trip] Day 10: Himeji Castle, Kokoen Garden, & Mount Shosha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s