[Japan Trip] Day 6: Fujiko F. Fujio Museum & Yokohama

Sebelumnya: [Day 5] Kawaguchi-ko & Akihabara

Saya menemukan keberadaan Fujiko F. Fujio Museum secara tidak sengaja ketika sedang blog-walking mencari informasi tentang tempat-tempat yang bagus untuk dikunjungi di Jepang. Setelah melihat foto-foto orang yang sudah ke sana, saya langsung menanyakan ke kakak-kakak saya apakah mereka tertarik untuk mengunjungi museum Doraemon dan tentu saja jawabannya iya😀

Masuk ke museum ini membutuhkan reservasi dan hanya tersedia 4 slot setiap harinya: pukul 10.00, 12.00, 14.00, dan 16.00. Reservasi hanya dapat dilakukan di Lawson Japan melalui Loppi (ticket machine). Loppi hanya menyediakan bahasa Jepang, sehingga pembelian tiketnya agak sulit. Jika kalian tidak bisa berbahasa Jepang, kalian bisa minta tolong ke petugas Lawson untuk memesankan tiket Fujiko F. Fujio museum. Kalau kalian ingin mencoba memesan sendiri, seperti saya, kalian bisa mengikuti petunjuk di sini. Harga tiketnya ‎¥1000 dan tidak boleh telat lebih dari 30 menit dari waktu reservasi.

Fujiko F. Fujio Museum terletak di Kawasaki dan bisa dicapai menggunakan shuttle bus khusus dari Noborito Station. Busnya penuh dekorasi karya Fujiko F. Fujio seperti P-Man, Doraemon, dll sehingga akan mudah dikenali.

Sesampainya di museum, petugas akan memeriksa bukti reservasi dan selanjutnya bukti tersebut ditukar dengan tiket nonton film pendek. Pengunjung juga akan diberikan audio guide sesuai dengan bahasa yang dipilih. Rasanya ada empat bahasa yang disediakan Jepang, Korea, Cina, dan Inggris. Setelah menerima audio guide, pengunjung bebas melihat-lihat museumnya. Oh iya, ada peraturan tidak boleh memotret selama di dalam museum. Jadi yang bisa dipotret nanti hanya patung-patung yang terletak di luar.

Begitu keluar dari museum, terdapat dekorasi Doraemon yang sangat eye-catching foto-foto. Selain itu, terdapat beberapa mesin gachapon yang tentunya berisi tokoh-tokoh karya Fujiko F. Fujio. Saya memainkan mesin tersebut berkali-kali demi mendapatkan Doraemon😛

Tidak jauh dari mesin gachapon, terdapat teater kecil untuk menonton animasi singkat selama 15 menit (tentunya dalam bahasa Jepang). Tapi tidak perlu khawatir, karena ini animasi anak-anak jadi walaupun tidak mengerti bahasanya, kita bisa menebak-nebak maksudnya dari gerakan dan mimik wajah tokohnya. Saya mendapatkan jatah untuk menonton animasi Kiteretsu Daihyakka yang kali ini menceritakan kisah Korosuke membantu ibu Kiteretsu berbelanja di pasar. Filmnya lucu😀

Setelah selesai menonton animasi, kami sudah merasa lapar dan menuju Doraemon Cafe yang terletak di lantai paling atas. Untungnya ketika kami datang, ada meja kosong sehingga tidak perlu mengantri. Menu cafe yang lengkap bisa dilihat di sini.

Mungkin karena saya habis menonton Korosuke, saya jadinya memesan Korosuke’s Spaghetti Carbonara with Korosuke’s Croquette seharga ¥1200 dan rasanya enak! Kapan-kapan kalau saya ke sini lagi, saya akan mencoba Cheese Hamburg Steak Stew😛

Sesi foto-foto tentunya tidak terlupakan. Walaupun kondisinya saat itu gerimis, masih tetap banyak pengunjung yang berfoto-ria bersama patung-patung yang disediakan di luar gedung. Di dekat pintu menuju ke halaman berisi patung-patung itu, juga terdapat toko kecil yang menjual souvenir Doraemon berupa makanan seperti kue atau roti.

Kunjungan di Fujiko F. Fujio Museum diakhiri dengan masuk ke toko souvenir yang tepat terletak sebelum pintu keluar museum. Barang-barangnya menarik dan lucu-lucu. Namun sayangnya karena saya bukan fans berat Doraemon, saya tidak membeli apa-apa. Saya sudah cukup puas memainkan gachapon di lantai atas dan berhasil mendapatkan Doraemon😀 Oh iya, setelah saya perhatikan, kualitas mainan hasil gachapon di Jepang jauh lebih bagus dari Taiwan. Di Taiwan, jarang ada mainan gachapon yang kualitasnya bagus, lebih banyak yang abal-abal😐

Puas dengan Fujiko F. Fujio Museum, perjalanan dilanjutkan ke Yokohama. Saya berniat mengunjungi Osanbashi Pier dan Yamashita Park, tapi gara-gara hujan, pier-nya berkabut dan angin berhembus cukup dingin. Yamashita Park juga agak berkabut *gagal deh*. Karena agak dingin, kami segera menuju Minato Mirai 21 dan akhirnya mencari makan malam serta menemani kakak-kakak saya berbelanja di mall.

Sekian perjalanan hari ini dan hari ini juga merupakan hari terakhir saya di Tokyo. Besok saya akan terbang ke Kyoto😀