[Japan Trip] Day 3 & 4: Disneyland & Disneysea


Sebelumnya: [Day 2] Asakusa, Tokyo Skytree, & Odaiba

Yay! Hari ini dan besok didedikasikan untuk Disneyland dan Disneysea😀

Sebelum menceritakan pengalaman saya di sana, saya akan menjelaskan bagaimana cara membeli tiket secara online. Saya membeli 2-Day Passport seharga ‎¥12400, lebih murah dari harga 2 buah 1-Day Passport@¥6900, tapi harus digunakan dalam dua hari berturut-turut.

Pembelian tiket theme park dilakukan di website Tokyo Disney Resort Online Reservation & Ticket:

  • Pilih menu Park Tickets dan masukkan tanggal kunjungan ke theme park
  • Pilih jenis tiket: Disney’s eTicket atau Delivery. Saya memilih eTicket karena delivery hanya bisa dilakukan ke alamat di Jepang.
  • Klik Search
  • Hasil pencarian akan menampilkan berbagai macam tipe tiket yang bisa dibeli. Secara umum, ada tiga tipe tiket: 1-Day Passport, Multi-Day Passport, dan Night Passport.
  • Klik Purchase di tipe tiket yang akan dibeli
  • Isi form pembelian. Pastikan tanggal kunjungan dan jenis tiket benar (eTicket atau delivery). Setelah itu masukkan jumlah tiket yang akan dibeli. Untuk Multi-Day Passport, pengunjung perlu menentukan setiap hari akan ke theme park yang mana. Sedangkan untuk 1-Day Passport, pengunjung hanya perlu menentukan hari pertama akan ke theme park yang mana. Total harga yang perlu dibayar akan ada di sebelah kanan bawah.
  • Klik Continue
  • Pembelian hanya bisa dilakukan jika sudah memiliki akun Disney. Kalau belum memiliki akun Disney, silahkan daftar terlebih dahulu.
  • Pembayaran akan dilakukan dengan menggunakan kartu kredit
  • Setelah pembayaran selesai, eTicket akan dikirimkan ke akun Disney. Jangan lupa untuk mencetak eTicket dan membawanya pada hari kunjungan ke theme park.

Walaupun saya ke Disneyland dan Disneysea hari Selasa dan Rabu, tapi theme park-nya tetap ramai bahkan banyak anak sekolah yang menggunakan seragam ke sana.

Disneyland

 

IMG_0812

Disneyland Tokyo cukup mirip dengan Disneyland Hong Kong, hanya saja lebih besar. Toko-tokonya juga jauh lebih lengkap. Atraksi yang sempat saya coba di Disneyland ialah:

  • Pirates of Carribean
    Naik perahu dan menyusuri sungai (mirip istana boneka di Dufan) disertai sound effect dan graphic effect beserta percakapan beberapa tokoh. Nanti di tengah jalan tiba-tiba perahunya “terjun” ke bawah. Tapi permainan ini masih aman karena “terjun”-nya tidak terlalu tinggi.
  • Jungle Cruise: Wildlife Expeditions
    Naik kapal ditemani pemandu yang menceritakan tentang kehidupan binatang-binatang liar di hutan. Tentunya dengan menggunakan bahasa Jepang.
  • Cinderella’s Fairy Tale Hall
    Masuk ke kastil Cinderella dan melihat-lihat berbagai lukisan dan barang-barang terkait Cinderella. Menjelang pintu keluar, pengunjung bisa berfoto dengan sepatu kaca Cinderella atau duduk di kursi kerajaan. Selain itu, ada 2 lukisan menarik yang kalau difoto menggunakan flash, hasil fotonya akan menampakkan glitter.
  • Mickey’s PhilHarMagic
    Ceritanya sama persis dengan Hong Kong Disneyland, bedanya cuma di bahasa saja. Hong Kong Disneyland menggunakan bahasa Inggris, sedangkan yang ini menggunakan bahasa Jepang.

Selain itu, saya juga sempat menyaksikan dua parade: Daytime Parade “Happiness is Here” dan “Happy Halloween Harvest”. Saya super senang melihat parade “Happiness is Here” tersebut sampai rela berdiri sambil berpanas-panas ria😀 Untungnya ketika akan menonton parade yang kedua, saya mendapatkan tempat duduk di baris depan.

Ada parade lain di malam hari yaitu Nighttime Parade “Tokyo Disneyland Electrical Parade Dreamlights” tapi saya tidak menyaksikan dari awal sampai akhir, cuma sempat menonton setengah parade dan itu pun berdirinya jauh di belakang.

Sebagai penutup, Disneyland menggelar pertunjukan di kastil Cinderella dengan judul “Once Upon a Time”. Kastil Cinderella berubah menjadi semacam layar bergerak dan menceritakan beberapa Disney fairy tales (tentu saja dalam bahasa Jepang) dan diakhiri dengan kembang api singkat. Sayangnya karena saya berdiri agak di belakang jadi pemandangan ke arah kastil Cinderella kurang jelas. Untuk yang terakhir ini, saya merasa kembang api di Hong Kong Disneyland jauh lebih menarik karena porsi kembang apinya lebih banyak.

Disneysea

Pertama kali masuk ke Disneysea, saya cukup tertegun karena suasanya jauh berbeda dengan Disneyland. Bangunan-bangunannya bergaya Eropa dan tentunya lebih banyak air😛 Disneysea terkesan lebih dewasa dan suasananya saat menjelang malam lebih romantis dibandingkan dengan Disneyland. Beberapa atraksi yang saya sempat coba di Disneysea ialah:

  • Toy Story Mania!
    Ini wajib dicoba! Begitu masuk ke dalam Disneysea, segeralah mengantre atraksi ini karena konon ini merupakan atraksi paling laris di sana. Pengunjung akan diberikan kacamata 3D, duduk di dalam sebuah moving vehicle dan menghadapi berbagai macam mainan.  Seru!
  • Venetian Gondolas
    Seperti namanya, naik Venetian Gondola ditemani seorang sailor yang dengan ramah memperkenalkan pemandangan di sepanjang sungai yang ditelusuri. Begitu akan melewati jembatan, sailor-nya meminta kita untuk menutup mata dan make a wish. Katanya kalau make a wish di bawah jembatan tersebut, permintaan kita bisa terkabul😀 Sailor-nya juga akan bertanya ada yang berulang tahun hari itu atau tidak. Rasanya kalau ada yang berulang tahun, maka si sailor pun akan menyanyi. Tapi karena waktu itu di gondola saya tidak ada yang berulang tahun, si sailor juga tetap menyanyi😛
  • DisneySea Electric Railways
    DisneySea jauh lebih luas dari Disneyland sehingga perjalanan dari satu daerah ke daerah lain cukup memakan tenaga. Nah, buat yang tidak mau membuang-buang tenaga, bisa menggunakan kereta listrik ini tapi tentunya harus mengantre.
  • Sindbad’s Storybook Voyage
    Ini mirip dengan Pirates of Carribean di Disneyland dan sepertinya jauh lebih mirip dengan istana boneka Dufan. Tapi *lagi-lagi ada tapinya* boneka-bonekanya dan sound effect-nya jauh lebih bagus.
  • 20000 Leagues Under the Sea
    Kebetulan saya mencoba atraksi ini pada saat jam makan siang jadi antriannya tidak terlalu panjang (yah, masih cukup panjang juga sih sekitar 1 jam). Di atraksi ini, saya naik ke kapal selam dan kemudian diturunkan ke bawah laut untuk mencari Atlantis. Saya super suka dengan atraksi ini karena graphic effect-nya yang bagus. Tentu saja kapalnya tidak dicelup ke dalam laut tapi effect-nya membuat kita berpikir kapalnya benar-benar turun ke dalam laut.

Saya hanya sempat menyaksikan satu pertunjukan dan itupun salah posisi😦 Karena dalam rangka Halloween, pertunjukannya berjudul “The Villains World”. Pertunjukan 25 menit ini menampilkan beberapa villain yaitu Maleficent, Ursula, Hades, Jafar, The Wicked Queen, dan Captain Hook. Masing-masing villain menunjukkan kekuatannya yang diiringi dengan sound effect dan musik yang biasa ada ketika villain muncul.

Oh iya, saya tidak sempat menonton pertunjukan terakhir Disneysea karena yang lain sudah capek. Kalau ada kesempatan ke Disneysea lagi, saya pasti akan menonton pertunjukan terakhirnya.

Sebagai kesimpulan, buat kalian yang bingung mau ke Disneyland atau Disneysea hal-hal berikut ini bisa dijadikan pertimbangan:

  • Membeli Multi-Day Passport lebih murah daripada membeli 1-Day Passport
  • Kalau belum pernah ke Disneyland dan Disneysea, dua-duanya wajib didatangi
  • Kalau sudah pernah ke Disneyland Hong Kong dan budget terbatas, kunjungilah Disneysea karena seperti yang sudah saya sebut di atas, Tokyo Disneyland agak mirip dengan Hong Kong Disneyland
  • Kalau senang dengan roller-coaster dan atraksi mengguncang jiwa, pilihlah Disneysea. FYI, saya sama sekali tidak mencoba atraksi semacam itu karena saya tidak suka.

Sekian perjalanan saya ke Tokyo Disneyland dan Disneysea.

Berikutnya: [Day 5] Kawaguchi-ko & Akihabara

再见!

signatureblack

5 thoughts on “[Japan Trip] Day 3 & 4: Disneyland & Disneysea

Leave a Reply

