Kabari saja ya nanti…


Kalau sudah mau berangkat kabari ya, ntar gw jalan juga

Kalimat ini sering mengundang pertanyaan di benak saya. Kalau memang sudah membuat janji untuk bertemu dengan orang lain pada jam tertentu di tempat tertentu, mengapa harus mengeluarkan kalimat “kalau sudah mau berangkat kabari ya”?

Saya sendiri terkadang menggunakan pernyataan tersebut hanya jika saya masih punya urusan yang kemungkinan besar belum beres menjelang waktu yang sudah dijanjikan. Tapi, yang saya sering bingung itu ketika orang-orang beralasan “ah, biar ga nunggu lama” atau “ah, rumah/kosan/tempat gw kan deket dengan tempat ketemuannya, biar ga kecepetan datang.” Apa yang salah dengan datang lebih cepat? Apa yang salah dengan menunggu?

Rasanya hal ini sudah menjadi kebiasaan di negara asal saya. Kebanyakan orang yang saya kenal sering sekali mengucapkan kalimat tersebut jika akan pergi bersama-sama. Mungkin mereka merasa datang lebih cepat akan membuat mereka menunggu dan itu membuang-buang waktu. Mungkin mereka berpikir “ah yang lain juga pasti datangnya mepet/telat jadi ngapain datang duluan?” Coba dibayangkan, jika semua orang memiliki pemikiran ah-yang-lain-juga-pasti-telat, bukankah malah menyebabkan semuanya datang terlambat?

Kalau memang sudah berjanji akan bertemu pada jam tertentu dan walaupun itu hanya sekadar janji untuk bercengkerama dengan teman-teman, mengapa tidak langsung saja ke tempat tujuan beberapa saat sebelum waktu bertemu? Toh, kita bisa mengukur sendiri kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat tersebut berapa lama. Kalaupun kita sampai di tempat tujuan lebih cepat dari waktu yang disepakati, sebenarnya tidak ada masalah kan? Coba kalau semua orang mau seperti itu, pasti penggunaan kalimat “ah Indonesia sih, jam karet” akan berkurang.

Yah, semoga saja orang-orang bisa semakin menghargai yang namanya waktu janjian.

再見!

signatureblack

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s