A Quarter of A Century


Jadi, ceritanya hari ini saya genap berusia 25 tahun atau bahasa kerennya seperempat abad. Lalu, tahun ini mungkin merupakan awal dimana ulang tahun saya tidak bertepatan dengan hari libur. Bukan, bukan hari libur nasional dimana tanggal di kalender menjadi merah melainkan hari libur untuk anak sekolah. Bulan Juni biasanya menjadi bulan libur sekolah baik untuk anak-anak sampai mahasiswa.

Ketika SD dan SMP, saya tidak pernah mendapatkan ucapan selamat ulang tahun face-to-face dari teman-teman sekelas karena ulang tahun saya selalu berada di masa liburan kenaikan kelas. Sedangkan ketika SMA, saya mulai mendapatkan beberapa sms selamat ulang tahun tapi tetap ulang tahun saya berada di masa liburan kenaikan kelas. Beranjak kuliah di ITB, lagi-lagi ulang tahun saya bertepatan dengan masa libur kuliah menyambut tahun ajaran baru. Inilah alasan mengapa saya tidak pernah merasakan bagaimana enaknya diceburkan ke dalam Indonesia Tenggelam ketika ulang tahun😛 Kesimpulannya, saya sangat jarang mendapatkan ucapan selamat ulang tahun face-to-face.

Selama masa perkuliahan di Taiwan, ulang tahun saya bertepatan dengan liburan musim panas. Saya sempat merasakan satu kali perayaan ulang tahun di 7-11 dan itulah pertama kalinya saya mendapatkan ucapan selamat ulang tahun langsung yang cukup banyak dari teman-teman seperjuangan yang tidak pulang ke Indonesia selama liburan musim panas😛 Di tahun terakhir perkuliahan, saya mendapatkan ucapan selamat dari teman-teman sekamar. Intinya, saya selalu menghabiskan hari ulang tahun saya dengan bersantai-santai karena it’s a holiday, literally.

Tapi, ada yang berbeda di tahun ini. Tahun ini saya mengawali hari dengan mata kriyep-kriyep dibangunkan oleh si KoBun yang sudah memegang kue ulang tahun. Sambil mengambil beberapa foto kue ulang tahun, saya teringat kalau hari ini harus masuk kantor. Akhirnya tiba juga hari dimana saya harus tetap berkegiatan ketika ulang tahun. Mungkin ini pertanda kalau saya sudah memasuki dunia orang dewasa dimana hari libur sangat jarang dan tidak bisa lagi bersantai-santai menikmati hari ulang tahun. I miss those old days *berasa sudah super tua*.

Anyway, di kantor tetap bekerja seperti biasa dan ternyata rekan kerja seruangan sudah menyiapkan kue mini untuk saya dan pertama kalinya pula saya mengikuti tradisi perayaan ulang tahun ala Taiwan. Dimulai dengan menyanyikan lagu Happy Birthday, lalu saya diberikan kesempatan untuk make three wishes. Yap, bukan satu tapi tiga. Keinginan pertama dan kedua harus diberitakan pada dunia sedangkan keinginan ketiga diucapkan dalam hati. Karena tidak kepikiran apa-apa, maka keinginan pertama saya adalah “I hope I could make a lot of money”😛 dan keinginan kedua saya adalah “I hope I could do well in my job for the rest of this year”.

Setelah itu dilanjutkan dengan meniup lilin dan memotong kue. Untuk pemotongan kue pun ada aturannya. Pihak yang berulang tahun memberikan potongan pertama dan dilanjutkan oleh pihak yang akan berulang tahun berikutnya. Ketika saya menanyakan maksud dari aturan pemotongan kue itu, manajer saya cuma menjawab, “Well, it’s a tradition”. Satu hal yang menarik lagi adalah lilin ulang tahun yang seringkali berbentuk tanda tanya. Karena penasaran, akhirnya saya pun bertanya mengapa menggunakan lilin dengan bentuk tanda tanya dan jawaban manajer adalah, “because it’s impolite to ask for someone’s age especially for girl”. Jadi, ternyata kalau masih bocah boleh menggunakan lilin yang menandakan usia dan penggunaan lilin yang menandakan usia tersebut akan berlanjut sampai kira-kira usia 18 tahun. Setelah itu, lilinnya akan berubah menjadi tanda tanya. Ketika saya bertanya lagi mengapa hanya sampai 18 tahun, manajer pun berkata, “For girls, they always feel like they are 18 years old”.

Sekian pengalaman saya mengikuti tradisi perayaan ulang tahun ala Taiwan.

signatureblack

Leave a Reply

