Merry Christmas 2014!


聖誕節快樂! Merry Christmas! Selamat Natal!

Natal tahun ini merupakan Natal ketiga saya di Taiwan. Tahun 2012 dan 2013 saya mengikuti misa malam Natal yang diadakan oleh komunitas Katolik Indonesia di Taiwan (KITA). Tahun ini saya mengikuti misa malam Natal di Sacred Heart dan tentunya misa tersebut dalam bahasa Inggris. Saya memilih mengikuti misa di Sacred Heart karena tanggal 24 Desember pun saya harus masuk kantor dan jam pulang kantornya tidak bersahabat. Sekalipun saya meminta ijin pulang lebih cepat, tampaknya akan telat jika ingin mengikuti misa malam Natal yang diadakan oleh KITA. Selain itu, saya ingin mencoba suasana baru. Saya penasaran seperti apa misa malam Natal dengan versi bahasa Inggris. Akhirnya, setelah tiga tahun merasakan misa malam Natal di negeri orang, saya jadi merindukan misa malam Natal di Indonesia dimana misanya lebih megah dan lebih terasa khusyuk.

Tahun ini merupakan Natal paling spesial buat saya. Kenapa? Karena saya harus masuk kantor juga di hari Natal😐 FYI, di Taiwan tidak mengenal adanya libur Natal. Bisa dikatakan Taiwan adalah negara ‘tidak beragama’ oleh karena itu tidak ada libur terkait hari raya agama. Namun, di tahun 2012, ketika saya seharusnya ada kuliah di tanggal 25, dosennya dengan baik hati memberikan pilihan untuk mengganti jadwal kuliah supaya tanggal 25 mahasiswanya bisa libur😀 Sedangkan pada tahun 2013, rasanya saya memang tidak ada kuliah jadi bisa dianggap libur😀

Walaupun tidak ada libur Natal, akan tetapi jalanan dan toko-toko dipenuhi dengan hiasan Natal sejak bulan Desember. Saya juga sempat mengunjungi Christmas Land di New Taipei City. Dekorasinya sungguh bagus. Pohon Natal, Sinterklas, dan berbagai hiasan Natal lainnya pun bisa dengan mudah ditemukan di jalan. Kekurangannya cuma satu, tidak libur😦 Christmas dinner bersama teman-teman yang sudah menjadi kebiasaan selama 2 tahun terakhir ini pun akhirnya harus dijadwalkan di hari Sabtu karena kami semua kerja di tanggal 25😐

Tapi, terlepas dari itu semua, saya tetap menyukai hari Natal. Natal tetap menjadi momen yang selalu saya nantikan😀

*dibuat menggunakan Line Card

May the joy of Christmas always be the light in our life and Christmas spirit always inside our heart

再見!

signatureblack

Leave a Reply

