[J-Dorama] Kurosagi (クロサギ)


270px-Kurosagi_Banner

Kurosagi tergolong dorama yang sudah cukup lama (2006) dan baru sempat saya tonton bulan ini😛 Kurosagi bercerita tentang seorang pemuda yang menjalankan aksi balas dendamnya terhadap “shirosagi” (penipu yang menipu orang lain) dengan cara menipu uang yang dimiliki oleh shirosagi tersebut. Alasan yang ada dibalik aksi balas dendam ini adalah enam tahun yang lalu, ayah Kurosaki telah ditipu dalam jumlah yang cukup besar dan karena penipuan tersebut, ayah Kurosaki membunuh seluruh anggota keluarganya dan akhirnya bunuh diri. Kurosaki akhirnya menjadi penipu dengan nama Kurosagi (Black Swindler yang menipu penipu lainnya). Ia berharap dengan melakukan ini, ia dapat membantu orang lain yang tertipu dan bisa mendapatkan kembali uang mereka.

Di episode pertama, Kurosaki bertemu dengan seorang mahasiswi yang kuliah di jurusan Hukum dan ingin menjadi seorang jaksa (prosecutor). Kurosaki sempat menawarkan jasa menipunya kepada paman mahasiswi tersebut yang telah menjadi korban penipuan. Tentu saja mahasiswi tersebut menolak tawaran Kurosaki karena ia berprinsip seharusnya kejahatan dilaporkan ke polisi dan polisilah yang berhak untuk mengeksekusi penjahat. Tapi, setelah melapor ke kantor polisi dan polisi di sana tidak dapat membantu pamannya, akhirnya pamannya menyetujui rencana Kurosaki. Dimulailah aksi Kurosaki untuk menipu penipu yang telah menipu paman mahasiswi tersebut.

Para pemeran utama di dalam dorama ini adalah:

Setiap episode menceritakan kasus yang penipuan yang berbeda dan memperlihatkan aksi Kurosaki dalam menipu para shirosagi. Mahasiswi di episode awal, Yoshikawa Tsurara, akhirnya memutuskan untuk pindah dari rumah pamannya dan tinggal tepat di sebelah kamar Kurosaki. Tsurara yang tidak pernah setuju dengan tindakan Kurosaki selalu berusaha menyadarkan Kurosaki dan mempertanyakan apakah Kurosaki bahagia dengan melakukan aksi penipuan ini terus-menerus. Lama-kelamaan akhirnya Tsurara tahu bahwa Kurosaki menjadi Kurosagi karena ingin balas dendam terhadap kejadian yang menimpa keluarganya enam tahun yang lalu dan perlahan Tsurara pun mulai memperhatikan Kurosaki hingga sampai ke tahap ia menyukai Kurosaki. Ia pun menyatakan perasaannya ke Kurosaki dan mempertanyakan mengapa harus Kurosaki yang ia sukai, mengapa orang yang ia sukai malah seorang penipu?

Kurosaki selama ini selalu hidup sendirian ditemani oleh seorang kucing😛 Ia membeli informasi mengenai shirosagi yang menjadi targetnya dari Katsuragi. Katsuragi merupakan tokoh yang sangat ditakuti di dunia penipu. Katsuragi pula yang menjual rencana penipuan kepada para shirosagi dan ia juga yang menjual informasi terkait shirosagi kepada Kurosaki. Ternyata Katsuragi merupakan orang yang juga menjual rencana penipuan yang digunakan untuk menipu ayah Kurosaki. Oleh karena itu, Kurosaki selalu berkata bahwa suatu saat ia akan datang menghabisi Katsuragi dengan tangannya sendiri.

Pihak kepolisian yang awalnya tidak peduli dengan berbagai kasus penipuan yang dilaporkan perlahan-lahan mulai menunjukkan perhatiannya. Kashima Masaru merupakan seorang polisi yang sangat terobsesi ingin menangkap Kurosagi. Ia pun mulai menyelidiki Kurosagi dan selalu hadir dimanapun Kurosagi sedang berusaha menjalankan aksi penipuannya. Kurosaki pun akhirnya mengetahui alasan dibalik obsesi Kashima yang ingin menangkapnya. Kashima rupanya sama seperti dirinya yang juga merupakan korban penipuan akan tetapi Kashima baru mengetahui kenyataan tersebut beberapa tahun yang lalu.

Kasus demi kasus penipuan berlalu dan akhirnya tibalah saatnya Kurosaki ingin membalas dendam kepada shirosagi yang dulu menipu ayahnya, Mikimoto. Katsuragi sengaja merancang sebuah permainan dan memberikan informasi shirosagi yang nantinya akan berujung pada Mikimoto. Pihak kepolisian pun mengeluarkan surat penangkapan Kurosaki dan semua polisi dikerahkan untuk mencarinya. Pada akhir dorama ini, Kurosaki gagal membalas dendam kepada Mikimoto dan ia pun ditangkap polisi namun dilepaskan kembali karena tidak terdapat bukti yang cukup untuk menahan Kurosaki.

Sejujurnya saya tidak suka ending yang membuat penasaran. Saya tipe orang yang senang dengan akhir cerita yang jelas, yang tidak membuat orang bertanya-tanya ataupun membuat asumsi sendiri. Ending Kurosagi ini menurut saya sangat membuat penasaran karena saya sendiri juga tidak pernah membaca manga-nya. Pada tahun 2008, movie Kurosagi pun diluncurkan. Ceritanya cukup panjang (hampir 2 jam) dan awalnya cukup berjalan lambat. Di movie ini terlihat jelas bahwa Kurosaki akan selamanya menjadi Kurosagi.

Bagi kalian yang mencari unsur romance sebaiknya tidak menonton dorama ini karena unsur romance-nya hampir sama sekali tidak ada. Alur ceritanya lebih fokus pada aksi-aksi Kurosagi dalam menipu berbagai shirosagi dan juga pergumulan Kurosagi dengan dirinya sendiri (terutama di movie). Saya sendiri tertarik menonton dorama ini bukan karena ada Yamashita Tomohisa sebagai pemeran utamanya, melainkan karena tertarik dengan trik-trik yang dilakukan oleh Kurosagi. Setelah saya menonton episode pertama, barulah saya tahu kalau ternyata ada Horikita Maki juga😀

Sekian review Kurosagi dari saya. Sampai jumpa di review berikutnya😀

再見!

signatureblack

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s