[J-Dorama] Piece


piece

Piece – dorama yang baru saja saya tamatkan kemaren dengan rekor menonton 13 episode non-stop😛 Kegiatan nonton non-stop 13 episode ini terjadi karena tanpa saya sadari penggunaan internet di kabel LAN saya melebihi kuota 3GB dan akhirnya saya tidak bisa menggunakan internet. Well, daripada duduk ga jelas di depan laptop, akhirnya saya memutuskan untuk menonton dorama Piece ini. Dorama ini sudah lama berdiam di harddisk laptop saya – mungkin sekitar hampir 6 bulan tanpa pernah ditonton. Mengapa saya bisa men-download dorama ini? Sebenarnya bukan karena tertarik dengan Nakayama Yuma tapi karena tertarik dengan Matsumura Hokuto😛 Saya pertama kali melihat Matsumura Hokuto di dorama Shiritsu Bakaleya Koukou dan di sana ia berhasil memerankan lelaki yang sangat cool dan kalem. Awalnya saya mengira dorama ini ber-genre misteri ke arah horor karena cerita diawali dengan kisah teman sekolah yang meninggal. Ternyata, dorama ini lebih ke arah misteri yang terkait dengan kepribadian manusia dan jenis dorama seperti ini yang saya suka😀

Cerita diawali dengan Suga Mizuho yang datang menjenguk pacarnya yang sakit dan mendapati pacarnya ternyata sedang bersama wanita lain. Tak berapa lama kemudian, Suga menerima telepon dari salah satu teman SMA-nya yang mengabarkan bahwa teman mereka – Origuchi Haruka – meninggal karena sakit kanker. Keesokan harinya, ia pun mendatangi acara pemakaman Origuchi Haruka. Di tempat pemakaman, ia kembali bertemu dengan teman-teman sekelasnya, termasuk guru olahraga mereka, Miyamoto-sensei yang sering digosipkan sebagai seorang “sexual harasser“. Suga juga bertemu kembali dengan Narumi Hikaru – lelaki yang pernah ia sukai selama SMA dan dianggap playboy karena seringkali dekat dengan berbagai wanita. Mereka sering bertemu secara diam-diam dan menghabiskan waktu berdua di rumah Narumi.

Ketika di acara pemakaman, Ibu Origuchi Haruka sempat berterima kasih pada Suga karena telah bersedia menjadi teman dekat Haruka. Suga yang merasa tidak pernah berbicara sekali pun dengan Haruka merasa sangat bingung. Ibu Haruka pun meminta tolong pada Suga untuk mencari tahu siapa mantan pacar anaknya karena sebelum Haruka meninggal, ia sempat mengandung anak dari mantan pacarnya dan akhirnya melakukan aborsi. Suga tentu saja langsung menolak permintaan tersebut dan menjelaskan bahwa ia sama sekali tidak pernah berbicara dengan Origuchi Haruka dan kemungkinan Haruka telah berbohong kepada ibunya.

Suga tergolong orang yang susah untuk dekat dengan orang lain. Ia tidak pernah berbagi cerita dengan siapapun walaupun itu teman yang seringkali ia sapa di kelas. Ia seringkali mengamati teman-teman sekelasnya semasa SMA dan dengan mudah bisa menentukan apakah orang tersebut berniat baik atau tidak. Suga lebih sering memutuskan sesuatu berdasarkan pertimbangan apakah itu seharusnya dilakukan atau tidak seharusnya dilakukan. Ia lebih sering memutuskan segala sesuatunya berdasarkan apa yang ada di pikirannya dan bukan berdasarkan apa yang ia rasakan.

Awal kedekatan Suga dan Narumi dimulai ketika Narumi mengatakan Suga tampaknya terlalu menjaga jarak dengan orang lain sehingga orang lain akan merasa sangat susah bergaul dengan Suga. Narumi juga pernah meminjamkan buku matematikanya ketika Suga lupa membawa buku tersebut. Sejak saat itu, Suga tahu kalau Narumi sebenarnya anak yang pintar tapi ia tidak peduli dengan pelajaran dan ujian sehingga nilai ujiannya seringkali jelek.

Ketika liburan musim panas tiba, Suga seperti biasa mengerjakan pekerjaan rumahnya dan tanpa ia sadari, ia hampir saja menyelesaikan semua PR-nya. Ia pun memutuskan untuk berhenti dan makan siang. Ternyata, ibunya sedang keluar dan ibunya telah menyiapkan soumen untuk dipanaskan. Dalam hati Suga tidak ingin makan soumen namun ia berpikir ibunya telah bersusah payah menyiapkan soumen tersebut jadi sudah seharusnya soumen tersebut dimakan. Namun, saat sedang memasak soumen, tiba-tiba Suga teringat perkataan Narumi dan ia menjadi kesal sendiri karena sebenarnya perkataan Narumi itu benar. Akhirnya Suga memutuskan untuk pergi mencari makanan di luar dan ia bertekad akan makan junk food sampai kenyang. Ia lalu mencoba curry super besar dan di situ ia bertemu dengan Narumi. Mereka pun menghabiskan waktu berdua menjelajahi berbagai tempat.

Sejak kepergiannya berdua dengan Narumi, Suga mulai memperhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan Narumi. Namun, ia tidak memiliki kepercayaan diri terhadap perasaannya sendiri. Ia tidak tahu apakah ia benar-benar suka dengan Narumi atau tidak. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk bertemu setiap hari Jumat di rumah Narumi tanpa sepengetahuan teman-teman yang lain.

Kedekatan mereka berjalan dengan alami dan kemudian berakhir dengan alami pula. Narumi tetap bertingkah seperti tidak terjadi apa-apa di antara mereka. Suga akhirnya tahu kalau Narumi merupakan korban penyiksaan mental oleh ibunya sendiri. Sewaktu kecil, Narumi dibesarkan di dalam sebuah rumah yang besar oleh seorang housekeeper. Ia dilarang keluar rumah dan hanya menghabiskan waktu di rumah. Di setiap sudut rumahnya dipasang CCTV untuk memantau kelakuan Narumi. Ibunya mengatakan hal ini penting karena ia sedang bereksperimen apakah tingkah laku manusia akan dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Narumi akhirnya tumbuh menjadi anak yang egois dan self-center. Itulah mengapa ia tidak bisa dengan mudah mempercayai orang lain dan menjalani hidupnya dengan semaunya. Sebenarnya karakter Narumi dan Suga agak mirip, itulah mengapa mereka bisa cocok dan saling menyukai.

Suga ingin mengubah sifatnya yang tidak mau peduli dengan orang lain dan akhirnya memutuskan untuk membantu Ibu Origuchi Haruka untuk mencari mantan pacar anaknya. Dimulailah perjalanan mencari sang mantan pacar tersebut. Di dalam perjalanannya mencari sang mantan pacar tersebut, Suga akan dibantu oleh Yanai Takashi, senpai mereka ketika SMA dan juga lelaki yang sebenarnya menyukai Origuchi Haruka namun tidak berani untuk menyatakannya.

Alur cerita dorama ini menurut saya sangat menarik dan seru. Banyak cerita yang ditampilkan dengan alur maju-mundur alias flashback. Selama menonton dorama ini saya sukses dibuat menerka-nerka setiap episode siapakah sebenarnya mantan pacar Origuchi Haruka. Konflik batin dan kepribadian setiap tokoh yang ada juga cukup terlihat jelas. Narumi yang selalu terlihat ceria dan mudah dekat dengan wanita sesungguhnya menyimpan sesuatu yang kelam di dalam dirinya. Walaupun ia terlihat mudah dekat dengan wanita, tapi ia sebenarnya tidak terikat dengan siapapun dan Suga sendiri sering merasa suatu saat Narumi akan hilang begitu saja.

Berikut ini para pemeran dorama Piece:

Nakayama Yuma sukses memerankan Narumi di dorama Piece ini. Image Narumi sebagai seorang playboy yang ceria namun sebenarnya memiliki masa lalu yang kelam tersampaikan dengan baik. Selain itu, ia juga berhasil memerankan Narumi Hiro – saudara Narumi Hikaru yang berusia 1 tahun lebih tua – yang memiliki kepribadian yang betul-betul bertolak belakang dengan Narumi Hikaru. Hiro memiliki penyakit heterophobia akibat eksperimen ibunya. Sama seperti Hikaru, Hiro juga dibesarkan di sebuah rumah yang identik dengan rumah yang ditempati Narumi Hikaru. Ketika mencapai usia 20 tahun, Hiro pun meninggalkan rumah tersebut. Berbeda dengan Hikaru, Hiro sering di-bully sewaktu kecil hingga SMA dan Hikaru yang seringkali menolongnya.

Honda Tsubasa juga cukup sukses memerankan Suga Mizuho – wanita tanpa banyak ekspresi. Kebanyakan ekspresi yang diberikan oleh Suga ialah ekspresi datar yang menimbulkan kesan cool dan juga kurang ramah. Arai Moe juga berhasil memerankan Nishida Remi dengan bagus baik dari segi penampilan maupun akting. Setelah saya membaca sebagian manga Piece (oh iya, dorama ini dibuat berdasarkan manga dengan judul yang sama), saya cukup terkejut melihat penampilan Arai Moe yang hampir sama persis dengan karakter Remi di manga.

Walaupun rating dorama ini tidak terlalu tinggi dan banyak orang yang berkomentar sebagian besar para artis yang berperan di dalam Piece ini merupakan artis baru sehingga akting mereka masih kurang bagus dan kaku, tetapi saya merasa dorama ini bagus. Alur cerita, konflik, dan misteri yang ada terbungkus dengan rapi dan membuat saya selalu penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Saya memang selalu tertarik dengan cerita yang berkaitan dengan kepribadian seseorang baik itu misteri, konflik, atau pun penyakit mental jadi menurut saya, dorama Piece ini patut ditonton bagi mereka yang juga memiliki genre kesukaan seperti saya.

Oh iya, theme song dan insert song dorama ini dibawakan oleh Nakayama Yuma. Saya pribadi lebih suka dengan insert song-nya daripada theme song-nya😛 Bahkan hingga dorama ini sudah berakhir saya tonton, saya masih mendengarkan lagunya dan masih merasa ingin menonton dorama ini lagi karena ending-nya agak menggantung (tapi in the end, kalian akan tahu siapa sebenarnya mantan pacar Origuchi Haruka).

Sekian review dari saya.

再見!

signatureblack

One thought on “[J-Dorama] Piece

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s