Arti Nama


Hola!

Kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai arti nama saya. Saya yakin setiap orang memiliki arti nama masing-masing. Ada nama yang diambil dari bahasa Sansekerta, bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Arab, bahasa Latin, dan berbagai bahasa lainnya. Ada juga yang mengikuti aturan penamaan seperti teman-teman yang berasal dari Bali.

Mungkin bagi orang yang mengetahui tanggal lahir saya bisa menebak mengapa saya diberi nama “Gemita”😛 Sebenarnya nama saya bukan diberikan oleh orangtua saya. Nama saya diberikan oleh kakak pertama dan kakak kedua saya. Mereka memberi saya nama “Gemita” berdasarkan tanggal lahir saya. Saya lahir pada tanggal 17 Juni dan menurut rasi 12 bintang atau yang lebih dikenal dengan zodiak, zodiak saya adalah Gemini. Sudah jelaskan mengapa saya bisa bernama “Gemita”?😛 Yap, “Gemita” berasal dari “Gemini”. Mengapa saya tidak langsung diberi nama “Gemini”? Karena katanya “Gemini agak aneh untuk ukuran sebuah nama”. Sungguh kakak-kakak saya begitu kreatif sampai-sampai bisa memikirkan seperti itu😀

Banyak pula teman-teman dan guru yang salah menyangka asal-usul kata “Gemita”. Mereka berpikir kata “Gemita” berasal dari kata “Gegap gempita”😐 Karena itu saya juga sempat salah dipanggil dengan sebutan “Gempita”. Kepala sekolah SMA saya juga selalu memanggil saya dengan sebutan “Gempita” sampai akhirnya saya lulus barulah dia bisa memanggil saya dengan benar😐

Lanjut ke kata kedua dari nama saya: “Ria”. FYI, saya kurang suka dipanggil “Ria”. Sewaktu S1, ada dosen yang sering memanggil saya dengan sebutan “Ria” dan berkali-kali pula saya mengatakan nama saya “Mita” bukan “Ria”. Sepertinya kata “Ria” ini lebih mudah ditebak artinya. “Ria” diambil dari kata “ceria”. Kakak saya memberi tambahan “Ria” dengan harapan semoga saya selalu ceria. Well, jadilah saya anak yang terlalu agak hiperaktif sewaktu kecil. Saya tidak bisa berhenti ngomong kalau sudah bangun. Pagi-pagi kalau sudah bangun, saya sibuk membaca apapun yang ada di meja, entah itu buku atau surat kabar walaupun saya tidak mengerti isinya (waktu itu masih umur 3-5 tahun) dan berujung pada saya dimarahi karena mengganggu orang tidur😛

Kata terakhir yang ada di nama saya adalah “The”. Ini merupakan marga saya dan berasal dari kata 戴 (dai) yang kemudian di-“Indonesia”-kan menjadi “The”. Cara pengucapannya pun sederhana – seperti membaca huruf “T”. Tapi sayangnya nama saya selalu salah baca. Orang-orang seringnya membaca nama belakang saya seperti membaca kata dalam bahasa Inggris. Jadilah kalau dibaca itu bunyinya begini: “Gemita Ria De”. Padahal seharusnya bunyinya seperti ini: “Gemita Ria Te”😐

Permasalahan lain terkait marga saya ini adalah saya tidak bisa menuliskannya di salah satu situs jejaring sosial (baca: Facebook). Jadi dulu nama saya di facebook hanya sebatas “Gemita Ria” karena setiap kali saya berusaha memasukkan tulisan “The” itu selalu keluar peringatan untuk memasukkan nama sebenarnya dan kata “The” itu selalu ditolak. Teman saya yang memiliki nama “The” juga akhirnya menuliskan namanya sebagai “Thee”😛 Entah kesambet apa, suatu hari saya mencoba lagi memasukkan nama lengkap saya dan seperti biasa tidak bisa. Akhirnya setelah saya perhatikan baik-baik di sana ada keterangan untuk menghubungi pihak facebook dan melampirkan kartu identitas jika memang nama kita mengandung kata-kata yang tidak diperbolehkan facebook. Saya pun mencoba menghubungi facebook dan melampirkan hasil scan ktp saya sebagai bukti bahwa nama asli saya memang ada kata “The”😛 Setelah beberapa hari akhirnya saya dihubungi kembali oleh facebook dan saya bisa menuliskan nama lengkap saya di facebook *yay* *joget hula-hula*😀

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan orang-orang terhadap nama saya adalah ketika menulis nama saya. Sewaktu SD nama saya sempat ditulis “Gemitha” dan itu di ijazah😐 Untungnya bisa diganti. Tidak sampai disitu, orang-orang juga seringkali menulis nama saya “Mitha” padahal jelas-jelas asalnya dari “Gemita” dan di sana tidak ada huruf “h”. Makanya saya sering protes kalau nama saya ditulis menggunakan huruf “h”😐 Dulu setiap kali memesan sesuatu yang harus menggunakan nama, pertamanya saya akan bilang “Mita” dan ketika ditanya kembali siapa, langsung saja saya mengeja nama saya “M-I-T-A”. Walaupun sudah dieja terkadang masih saja terdapat kesalahan dan nama saya berubah jadi “Nita”. Bahkan nama saya sempat pula salah tulis menjadi “Genita”😐😐😐

Saya sering bertanya-tanya mengapa orang-orang sering salah menulis nama saya padahal nama saya masih menggunakan bahasa Indonesia yang normal. Kalau salah pengucapan masih saya maklumi karena nama belakang saya memang agak ambigu😛

Ah! Terkait salah pengucapan, saya jadi teringat kesalahan pengucapan yang cukup menyebalkan. Pernah saya menerima interview lewat telepon dan penelponnya menyapa saya dengan

“Is this Jemaita Raiya? So, what should I call you? Jemaita or Raiya”

😐😐 Waktu mendengar pertanyaannya, saya sempat bengong. Sebegitu anehkah nama saya sampai harus diucapkan seperti itu? Jemaita Raiya terdengar seperti judul lagu kebangsaan “Indonesia Raya”😐

Berlanjut lagi kesalahan pengucapan nama ini. Semenjak saya tiba di NTUST, dosen-dosen memanggil saya dengan sebutan “Jemita”. Bahkan setelah saya koreksi dengan mengatakan “Gemita not Jemita” malah ada dosen yang bilang:

“But this is G and E so it should be pronounced as Jemita”

😐😐😐 Kok ini malah dosennya yang balas protes? *pokerface*

Ada lagi masalah pengucapan lainnya, tapi kalau yang ini cukup jarang terjadi. Pengucapan “Ge” pada “Gemita” itu sama seperti mengucapkan “ge” pada “gelas”. Tapi sewaktu saya di Makassar ada yang mengucapkan “Ge” seperti mengucapkan “gendong”. Keliatan kan bedanya?

Fiuh, nama saya memang sepertinya cukup menyulitkan untuk diucapkan. Namun, saya masih bersyukur tidak diberikan nama super panjang yang bisa membuat saya bingung bagaimana menuliskan di LJK dan di tempat lainnya karena tempat untuk menuliskan namanya tidak muat😛

Sekian info dari saya. Sampai jumpa di cuap-cuap berikutnya!

再見!

signatureblack

Leave a Reply

