[J-Movie] Bokura ga Ita (僕等がいた)


bokura ga ita

Bokura ga Ita dibuat berdasarkan manga dengan judul yang sama. Manga “Bokura ga Ita” dikarang oleh Obata Yuki. Pertama kali saya membaca manga ini ketika duduk di kelas 2 SMA dan saya baru saja menamatkan manga-nya di semester 1 saya di NTUST. Sungguh penantian yang luar biasa lamanya😛 Tokoh utama film ini adalah Yano Motoharu dan Takahashi Nana.

Cast:

  • Toma Ikuta as Motoharu Yano
  • Yuriko Yoshitaka as Nanami Takahashi
  • Sosuke Takaoka as Masafumi Takeuchi
  • Yuika Motokariya as Yuri Yamamoto
  • Manami Higa as Akiko Sengenji

Filmnya dirilis ke dalam dua bagian. Bagian pertama dirilis di Jepang pada Spring 2012. Bagian kedua dirilis 4-5 minggu kemudian. Cerita dimulai ketika Takahashi Nana bertemu dengan Yano Motoharu di atap sekolah. Nana sedang meratapi nilai ujiannya yang sungguh sangat jelek. Yano sendiri merupakan siswa yang paling populer di sekolah. Seperti layaknya cerita-cerita shoujo, Nana pun jatuh hati dengan Yano dan tentunya Yano sendiri pada awalnya tidak punya perasaan yang sama dengan Nana karena Ia masih belum bisa merelakan kematian pacarnya, Yamamoto Nana (kakak dari Yamamoto Yuri). Di lain pihak, teman baik Yano, Masafumi Takeuchi ternyata juga menyukai Nana, namun karena Ia menyadari perasaan Nana, maka pada awalnya Ia berusaha membantu mendekatkan Nana dan Yano.

Hal yang menarik dari cerita ini adalah ketika pada akhirnya Nana dan Yano harus berpisah. Yano pindah ke Tokyo bersama ibunya. Ketika awal-awal berpisah, Yano masih sering menghubungi Nana. Ia selalu menyempatkan diri untuk mengirim foto setiap hari dan menelpon Nana di malam hari selama lima menit. Namun, lama-kelamaan karena kondisi ibunya yang makin memburuk dan akhirnya meninggal, Yano berhenti menghubungi Nana.

Nana sendiri tetap mempertahankan perasaannya terhadap Yano walaupun mereka sudah 5 tahun lebih tidak bertemu. Nana tetap percaya suatu saat nanti Yano akan kembali. Suatu hari, Takeuchi meminta Nana untuk melupakan Yano karena Yano tidak akan kembali lagi. Takeuchi pun menceritakan apa yang dialami Yano selama ini. Ternyata hidup Yano tidak berjalan lancar. Ia menghadapi masalah keluarga yang cukup berat di Tokyo dan berakhir dengan kematian ibunya. Yano pun pindah ke Sapporo dan bekerja di bar. Di sana Yano kembali bertemu dengan Yamamoto Yuri.

Cerita pun berlanjut dan akhirnya Nana memutuskan untuk mencoba menjalin hubungan dengan Takeuchi. Namun, takdir berkata lain, Nana kembali bertemu dengan Yano. Tapi Yano masih belum membuka perasaannya terhadap Nana. Ia masih berusaha menjauhi Nana. Takeuchi pun akhirnya melamar Nana dan seperti yang bisa kita duga, Nana menolaknya karena perasaannya masih dipenuhi dengan Yano.

In the end, kita akan mengetahui alasan mengapa Yano tidak menghubungi Nana selama ini dan mengapa Yano sampai tinggal serumah dengan Yamamoto Yuri padahal Yano sendiri tidak menyukainya.

Overall, saya suka dengan film ini. Toma Ikuta cocok memerankan Yano. Tokoh Nana sendiri cukup pas, sedangkan tokoh Takeuchi tampak jauh lebih tua. Alur cerita di dalam film ini hampir serupa dengan manga-nya (tentunya dengan penyesuaian di sana-sini). Bagi saya penggambaran karakter Yano sangat menarik. Tipe siswa populer yang selalu tampak bahagia, tersenyum, dan tertawa padahal sebenarnya menyimpan banyak masalah. Somehow, saya selalu tertarik dengan tokoh yang memiliki karakter seperti ini😛 Ketika menonton anime Shuffle, saya juga sangat tertarik dengan beberapa episode terakhir karena ceritanya lebih “kelam”.

Rating yang saya berikan untuk film ini adalah 9/10😀 Jika kalian suka dengan cerita yang melodramatis, maka film ini tontonan yang tepat. Tapi jika kalian suka dengan film action, tentunya ini bukan pilihan yang tepat.

Sekian review tentang “Bokura ga Ita”. Sampai jumpa di review berikutnya.

再見!

signatureblack

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s