Seberapa sering kamu jadi bendahara?


Kalau ditanya pertanyaan seperti itu, saya akan menjawab banyak. Sepertinya saya memiliki tampang rentenir atau penagih hutang atau mungkin juga mukanya sangat mencerminkan uang sampai-sampai saya seringkali ditunjuk sebagai bendahara baik secara resmi maupun tidak resmi. Segala sesuatu yang berhubungan dengan uang seringkali diserahkan ke saya.

Semua berawal ketika saya masuk kelas K-06 jaman TPB di ITB. Bisa dibilang kelas ini kelas yang paling kompak di antara semua kelas STEI pada jaman TPB😛 Saya lupa waktu itu sedang ada acara apa dan butuh mengumpulkan uang dari anak-anak sekelas. Ketua angkatan STEI yang kebetulan juga sekelas dengan saya di K-06 memberikan amanah menunjuk saya untuk mengumpulkan uang tersebut. Berawal dari sana, semua kegiatan yang berhubungan dengan uang di kelas K-06 dialihkan ke saya. Satu-satunya yang saya ingat adalah saya menagih iuran untuk acara perpisahan K-06 di akhir semester 2. Kesannya kalau anak-anak sekelas melihat saya menghampiri mereka atau mulai memanggil mereka, tandanya saya pasti akan menagih😛

Berlanjut pada tingkat 2. Lagi-lagi saya ditunjuk sebagai bendahara angkatan dengan alasan tidak ada yang bisa mengalahkan saya dalam menagih dan mengurus uang😐 Jadilah saya bendahara IF+STI angkatan 2007. Saya ingat gara-gara menjadi bendahara angkatan, saya lebih cepat mengenal seluruh nama anak-anak seangkatan. Kewajiban menagih biaya pembuatan jaket angkatan dan jaket himpunan pun membuat saya mau tidak mau harus mengenal seluruh teman seangkatan dan berlanjut dengan SKSD memanggil mereka dan menagih uang😛

Kemudian ketika sudah masuk ke divisi, saya dan teman-teman sedivisi mendapat tugas mempersiapkan syukuran wisuda Oktober 2008. Di sini saya lagi-lagi ditunjuk sepihak oleh sang ketua menjadi sekretaris sekaligus merangkap bendahara sementara teman-teman yang lain boleh memilih mau masuk divisi apa. Saya ingat, LPJ acara ini yang paling cepat selesai karena setelah acara beres, saya tidak menunda waktu meminta LPJ dari masing-masing ketua divisi😛 Kegiatan menjadi bendahara ini berlanjut beberapa kali selama saya di divisi tersebut.

Pada tahun 2009, HMIF mengadakan event yang cukup besar yaitu Arkavidia. Persiapan acara ini sudah dilakukan sejak tahun 2008 dan lagi-lagi entah mengapa ketuanya memanggil saya dan meminta saya untuk memilih mau jadi sekretaris atau bendahara. Lagi-lagi saya memilih untuk menjadi bendahara saja. Jadilah saya berurusan dengan uang yang cukup banyak di acara ini sampai-sampai saya sering ke bank, sering disamperin orang buat minta uang bayar ini itu, dan sering nagih bon pengeluaran masing-masing divisi.

Tahun 2010, unit yang saya ikuti, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB kembali mengadakan kompetisi yang cukup bergengsi yaitu Festival Paduan Suara (FPS) XXII dan juga ITB International Choir Competition. Seperti yang sudah bisa ditebak, saya kembali menjadi bendahara untuk acara ini. Saya berhubungan dengan dollar dan untuk pertama kalinya seumur hidup saya punya rekening dollar😛

Jadi, selama saya kuliah di ITB, kalau ada acara angkatan yang butuh iuran maka semua uangnya akan dikumpulkan ke saya. Layaknya buka puasa bersama, jalan-jalan angkatan, perpisahan dengan kaprodi dan dosen wali, serta berbagai acara lainnya. Teman saya bahkan berkata “mukamu sudah sangat mencerminkan uang mit jadi kemana-mana ditunjuk jadi bendahara”. Walaupun agak merasa gimana dibilang seperti itu, tapi saya memang senang berhubungan dengan uang😛 Banyak ilmu yang saya dapat selama menjadi bendahara seperti bagaimana membuat laporan keuangan yang baik, bagaimana memastikan uangnya selalu cukup dan tersedia bahkan kalau bisa bersisa, dan mengurus uang membuat saya berhubungan dengan banyak orang karena banyak orang yang membutuhkan uang😀

Sekian cuap-cuap saya seputar bendahara😀

再見!

signatureblack

Leave a Reply

