I Miss Programming


Yap, sesuai dengan judul cerita kali ini, saya merindukan kegiatan programming alias ngoding. Sungguh sindrom yang aneh. Sejujurnya kemampuan ngoding yang saya miliki biasa-biasa saja. Dulu sewaktu S1 jauh lebih banyak yang lebih “dewa” dari saya dalam hal ngoding. Ada yang super cepat mengerti konsepnya sementara saya membutuhkan waktu lebih lama – mungkin beberapa jam baru mengerti, ada pula yang tiba-tiba kodingannya uda jadi dan jauh lebih efisien dari kodingan yang saya buat, dan berbagai “kedewaan” lainnya. Tapi terlepas dari itu, saya tidak membenci kegiatan ngoding. Saya tidak bisa bilang kalau saya tidak suka dengan ngoding. Menurut saya, ngoding itu selalu memberikan pengalaman baru untuk saya. Selalu memberi sensasi baru.

Teman-teman yang sudah terbiasa ngoding dan stuck selama berjam-jam hingga berhari-hari pasti tau bagaimana rasanya ketika kita berhasil menyelesaikan permasalahan itu. Berbagai hal menarik bisa terjadi di proses ngoding dan debug. Contohnya:

  • Debug berjam-jam dan ternyata hanya kelupaan “titik koma” atau “kurung” rasanya ingin berteriak memarahi diri sendiri karena lupa dengan hal kecil😛
  • Debug berjam-jam -> tidak menemukan hasilnya -> ketika tidur malah kebawa mimpi dan justru di mimpi itu kita menemukan solusinya. Saya sering mengalami hal yang satu ini. Salah satu contohnya sewaktu mengerjakan Tugas Besar 1 OOP. Ketika deadline menghadang, saya hanya tidur 2-3 jam. Sebelum tidur, saya menghabiskan waktu berjam-jam untuk debug bagian tertentu dan masih tidak menemukan bug-nya padahal teman sekelompok mengatakan algoritma itu sudah benar. Karena sudah suntuk dan sepertinya otak sudah tidak bisa dipakai berpikir, saya pun memutuskan tidur. Anehnya lagi, saya mimpi mengenai algoritma itu dan akhirnya malah mendapatkan solusinya di dalam mimpi. Ketika terbangun, saya langsung memberitahu teman kelompok saya (yang kebetulan menginap di tempat saya karena deadline itu). Teman kelompok saya yang masih baru bangun dan sepertinya nyawanya belum terkumpul tidak mengerti apa yang saya bicarakan. Akhirnya saya menuju desktop dan segera menuliskan apa yang ada di kepala saya sebelum saya lupa dan voila! ketika dicoba ternyata benar-benar berhasil😀😀😀 Rasanya super senang😀 Saya yakin teman-teman yang pernah mengalami hal seperti ini tau betapa bahagianya saya.

Tapi, saya tergolong orang yang mudah bosan. Tidak suka mengerjakan suatu hal yang sama berkali-kali. Kalau ada hal yang sulit dan saya masih tidak mengerti juga walau sudah berusaha berhari-hari, maka kemungkinan besar hal itu akan saya tinggalkan😛 Jadi, sebenarnya tidak bisa dibilang passion saya ada di programming. Tapi, lagi-lagi tapi, saya cukup menyenangi kegiatan ngoding.

Dulu ketika mendekati akhir S1 dan selama S2, kegiatan ngoding saya sudah sangat berkurang. Akhir S1 saya hanya ngoding untuk menyelesaikan Tugas Akhir. Selama sisa 1 tahun S2 itu, saya ngoding karena tuntutan kerja part-time dan itu pun hanya 3 bulan ngoding sisanya dikasih kerjaan yang tidak berhubungan dengan ngoding. Well, itu karena saya sendiri yang meminta tidak ingin kerjaan ngoding karena bosan. Yap, waktu itu saya bosan dengan ngoding. Soalnya selama S1, rata-rata teman-teman di jurusan saya tidak terlalu menyenangi ngoding (kecuali ada beberapa pengecualian -> ada juga yang sangat freak ngoding, bahkan sampai tidur pun dia masih ngompile di dalam kepala😛 ). Akhirnya berujung dengan kalau ada tugas yang butuh ngoding, saya yang mengerjakan. Lalu ketika tingkat 3, saya kebanyakan mengambil kuliah pilihan dari prodi tetangga, Informatika, yang semua tugasnya pasti ngoding. Jadilah saya merasa bosan dengan ngoding.

Mungkin keinginan untuk ngoding ini timbul lagi gara-gara mendengar cerita teman sekamar yang sedang menjalani kuliah doktornya di bidang computer science. Dua hari berturut-turut dia menyarankan saya untuk pindah jurusan saja ke computer science atau industrial management begitu mengetahui background saya sebenarnya bukan ekonomi, manajemen, atau bisnis xD

Yah, sekian dulu cuap-cuap cukup tidak jelas ini.

再見!

signatureblack

Leave a Reply

