Let’s start a new journey!


Hola!

Lama tidak berjumpa😀 Mungkin sudah banyak yang tahu sebentar lagi, tepatnya 5 hari lagi, saya akan meninggalkan negeri tercinta ini. Sebenarnya saya masih menunggu ijazah dan transkrip S2 saya yang sampai hari ini belum ada😐 Tapi terlepas dari itu, dokumen serta visa yang saya perlukan untuk berangkat sudah selesai😀

Kalau ditanya bagaimana perasaannya menunggu hari keberangkatan yang tidak lama lagi, saya akan menjawab penasaran dan tidak sabar. Saya penasaran kondisi di sana seperti apa. Penasaran apakah saya bisa mengikuti pelajarannya karena tidak menggunakan bahasa pengantar yang sama seperti di sini. Penasaran apakah saya bisa hidup di sana seperti saya hidup merantau di Bandung. Kalau ditanya apakah saya sedih akan meninggalkan negeri ini, well, saya akan menjawab “tidak” dengan mantap. Walaupun saya tidak akan bertemu dengan saudara dan juga teman-teman selama paling tidak 2 tahun, saya tidak merasa sedih. Komunikasi masih bisa terus berjalan, apalagi dengan menjamurnya jejaring sosial😛

Bisa dikatakan pergi ke sana merupakan lembaran baru bagi saya. Saya akan memulai perjalanan yang baru. Bertemu orang-orang baru. Mempelajari hal-hal baru. Karena banyaknya hal baru yang akan saya temui, makanya saya super tidak sabar ingin cepat-cepat terbang ke sana (tapi sebenarnya khawatir juga dengan koper saya yang sepertinya melebihi batas maksimal bagasi😦 ). Dan sampai saat ini saya tidak memiliki keinginan untuk pulang lagi.

Ketika saya pulang ke Makassar dan bertemu dengan teman-teman SMP saya, jujur saja saya kaget mendengar pembicaraan mereka. Rasanya baru beberapa tahun yang lalu kami mengenakan seragam putih-biru dan obrolan yang kami bicarakan hanya seputar komik, film, anime, lagu jepang, dan pembicaraan bocah lainnya. Tapi kali ini berbeda. Pembicaraannya sudah memasuki topik pernikahan. Saya kaget karena umur mereka tidak berbeda jauh dengan saya (yah, hanya berbeda 1 tahun saja). Ada yang mengatakan ingin menikah 2 tahun lagi karena ingin menikah di umur 25 tahun. Saya pun tak lepas dari pertanyaan kapan nikah? Setiap kali pertanyaan ini diajukan, saya hanya bisa menjawab dengan “masih lama”. Memang di kepala saya belum ada pemikiran untuk menikah. Usia saya baru 22 tahun dan menurut saya usia segitu masih sangat muda. Di bayangan saya, saya akan berkarir dengan mantap terlebih dahulu baru kemudian memikirkan masalah pernikahan. Well, mungkin 6-8 tahun kemudian baru saya akan menikah.

Jika dibandingkan, di Jepang usia lelaki yang menikah biasanya 30-an ke atas, begitu pula dengan wanitanya (sekitar 28-30). Tapi di Indonesia banyak sekali yang menikah di usia muda. Begitu menjejakkan kaki di usia 20, tampaknya anak-anak di sini sudah mulai memikirkan untuk menikah dan mereka yang punya pemikiran untuk menikah di usia 26 ke atas akan dicap sudah terlalu tua untuk menikah. Saya sendiri masih tidak mengerti mengapa orang ingin cepat-cepat menikah. Anggaplah saya menikah di usia 22 dan rata-rata hidup seseorang itu 80 tahun, maka saya akan hidup bersama orang yang sama selama 58 tahun. Tidakkah hal itu membosankan? (yah ini salah satu perbandingan usia pernikahan yang saya temui di dalam film Goong)😛

Saya ingin menikmati hidup saya sebebas mungkin. Tidak ada larangan. Tidak ada aturan. Semuanya berjalan sesuai yang saya inginkan dan menurut saya pernikahan akan menjadi salah satu hambatan. Semua ada waktunya makanya tidak perlu terburu-buru😀

Saya ingin berkeliling dunia. Mengunjungi berbagai tempat dan mencoba berbagai hal baru. Jadi, saya menganggap kepergian saya ke negara tetangga ini akan menjadi langkah awal saya dalam usaha mengelilingi dunia😛 Semoga saja saya benar-benar bisa berkunjung ke seluruh negara yang ada di dunia😀

Akhir kata, Let’s start a new journey!

再见!

signatureblack

One thought on “Let’s start a new journey!

Leave a Reply

