Cara Membuat Visa Pelajar ke Taiwan


Hola!

Lama tidak berjumpa dengan saya😀 Kali ini saya akan berbagi cara membuat visa pelajar ke Taiwan. Pengurusan visa dimulai dengan mengisi aplikasi permohonan visa secara online kemudian dilanjutkan dengan menyiapkan dokumen dan akhirnya datang ke TETO untuk menyerahkan dokumen. Langkah-langkah pembuatan visa pelajar ke Taiwan ialah sebagai berikut:

Mengisi aplikasi permohonan visa secara online di https://visawebapp.boca.gov.tw/. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengisian aplikasi permohonan tersebut adalah:

  1. Sebelum mengisi bacalah terlebih dahulu Q&A yang dapat dibuka melalui link yang terdapat pada halaman aplikasi online.
  2. Pilih Category Resident Visa dengan Single Entry.
  3. Alamat dan telepon di Taiwan, bila belum ada kepastian tempat tinggal di Taiwan, dapat diisi dengan alamat dan telepon universitas tujuan.
  4. Perkiraan tanggal kedatangan dapat diisi dengan tanggal kedatangan di Taiwan; dan perkiraan tanggal keberangkatan dapat diisi dengan perkiraan tanggal keberangkatan dari Taiwan pada saat lulus nanti.
  5. Pada bagian data kenalan di Taiwan, isilah dengan data teman atau kerabat yang ada di Taiwan. Bila tidak ada, tanyakanlah pada rekan-rekan senior di universitas tujuan, biasanya mereka akan membantu memberikan data-datanya.😛
  6. Setelah yakin telah mengisi semuanya dengan benar, Submit, lalu formulir visa dapat di-download (format file PDF), dan harus di-print dengan printer laser jet.

Menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai syarat permohonan visa pelajar. Dokumen-dokumen dan syarat lainnya yang diperlukan adalah:

  1. Formulir Permohonan Visa yang telah di-print dan ditandatangani.
  2. Pas Foto 6 bulan terakhir, berwarna dengan background putih, ukuran 4×6 cm, sebanyak 2 lembar (1 lembar ditempel di Formulir Permohonan Visa).
  3. Paspor yang masa berlakunya minimal masih 12 bulan. Cara pembuatan paspor dapat dilihat disini.
  4. Surat Penerimaan (Letter of Acceptance) Asli dari universitas tujuan, beserta foto kopinya.
  5. Ijazah Terakhir Asli
  6. Ijazah Terakhir Versi Bahasa Inggris Asli
  7. Foto kopi Ijazah Terakhir Versi Bahasa Inggris yang sudah dilegalisir TETO (Taipei Economic and Trade Office), beserta foto kopinya. Tata cara legalisir TETO dapat disimak disini.
  8. Transkrip Nilai Versi Bahasa Inggris Asli
  9. Foto kopi Transkrip Nilai Versi Bahasa Inggris yang sudah dilegalisir TETO, beserta foto kopinya.
  10. Laporan Medical Check-Up Asli dari rumah sakit atau klinik yang ditentukan TETO, beserta foto kopinya. Daftar rumah sakit yang terdaftar di TETO dapat dilihat disini. Laporan Medical Check-Up Asli ini juga harus sudah dilegalisir TETO.
  11. Foto kopi Kartu Keluarga
  12. Biaya Resident Visa adalah Rp. 607.000, –
  13. Khusus untuk yang tidak mendapat beasiswa penuh, mungkin diperlukan juga foto kopi buku tabungan yang masih berlaku; halaman identitas dan cetak 3 bulan terakhir, dengan jumlah saldo tertentu. Untuk kepastiannya silakan tanyakan langsung ke TETO (Telepon: +62-21-5151111; Email: visaserv@teto.or.id atau info@teto.or.id).

Datang ke Taipei Economic and Trade Office (TETO), yang beralamat di Gedung Artha Graha Lantai 12, Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 52-53, SCBD, Jakarta Selatan (seberang Pacific Place). Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika datang ke TETO untuk pengurusan visa:

  1. Siapkan KTP atau SIM untuk ditukarkan dengan kartu “Visitor” di lobby Gedung Artha Graha.
  2. Lantai 12 dapat dicapai dengan menggunakan Lift No. 7. Ketika sampai di TETO, mintalah nomor antrian untuk visa pelajar kepada petugas di pintu masuk.
  3. Pengajuan permohonan visa dan pemasukkan dokumen harus dilakukan pada jam 8:30 sampai 11:00.
  4. Pengambilan visa dan dokumen harus dilakukan pada jam 13:30 sampai 15:30.
  5. Visa selesai dalam 3 hari kerja. Saat mengajukan permohonan, pertugas visa akan memberikan kartu untuk pengambilan visa, dan memberi tahu kapan visa dapat diambil.

Sekian informasi pembuatan visa dari saya.

再见!

signatureblack

38 thoughts on “Cara Membuat Visa Pelajar ke Taiwan

    • single entry: masuk cuma buat sekali
      multiple entry: masuk bisa berkali2 dengan visa yang sama

      karena kita ntar bakal jadi resident dan bikin ARC makanya pilih visa yang single entry😀

  1. gladys says:

    apa pernah diminta buku tabungan yg asli jg? krn sy dimintai buku tabungan yg asli jg, jd ragu2. mohon infonya, thx🙂

    • kalo ga dapat beasiswa, emang diminta buku tabungan juga (bahkan financial statement) karena pihak taiwan ga mau kalo misalnya orang yang dikasi visa uda nyampe di taiwan malah jadi gelandangan di sana karena ga bisa membiayai hidupnya😀

  2. amateurtraveller says:

    sis, total brp lama ya proses ngurus semuanya? mulai dari dapet keputusan diterima di ntust?
    bingung nih mulai ngurus dr mana T_T kmrn baru dapet notif tp kykny semua serba mepet.
    Biasany tgl brp harus uda ada di sana buat Fall semester?
    makasi

  3. Gan says:

    Halo!! Mau nanya, untuk isian pekerjaan dan nama employer/kampus di aplikasi visanya diisi apa ya? Apa boleh diisi student dan NTUST? Padahal kan aslinya pengangguran😀

    Terus untuk yang dapet beasiswa, sama sekali tidak dibutuhkan fotokopi rekening tabungan dan financial statement apapun kan yah??

    Thanks, sis…

  4. aulia says:

    oh begitu, kalau pengambilan berarti bisa di wakilkan juga ya mbak ? untuk proses ini tidak ada wawancara kan ya ?terimakasih ^^

  5. hallo non🙂 mau tanya nih buat ngisi visa ap form nya, kan aku ambil sekolah bahasa per kelasnya 3 bulan. tapi aku rencana mau setahun disana. trus ngisi proposed departed datenya gimana ya? tetep di isi 3 bulan ato aku isi 1 thn?

  6. Yf says:

    Permisi. Kalau misalnya legalisir dokumen di TETO telah selesai, biasanya harus tunggu berapa hari untuk bisa memulai permohonan visa?

      • Yf says:

        Ohya lalu yg berkaitan dg ARC, ada beberapa blog yg menyatakan jika ingin apply ARC, syaratnya yakni minimal telah tinggal di taiwan selama 4 bulan. Jadi bagi yang pertama kali datang ke taiwan tidak bisa langsung ngurus ARC kah? Dengan demikian, apakah dianjurkan utk memilih multiple entry saat aplikasi visa?

        • kalau sudah daftar ulang jurusan di univ masing-masing dan sudah mendapatkan bukti beres daftar ulang (maksudnya sudah sah menjadi mahasiswa di univ tersebut) bisa langsung mengurus ARC. Malah batas visa yang dibuat di Indo itu cuma berlaku 15 hari, jadi sebelum 15 hari itu habis harus segera membuat ARC.

    • untuk belajar bahasa mandarin, lebih bagus daftar dulu jadi bisa minta surat pengantar dari sekolahnya yang menunjukkan emang sudah terdaftar untuk belajar bahasa -> jadi lebih mudah bikin visa.
      soal kapan aja bisa masuk, tergantung tempatnya. ada yang buka tiap bulan, ada buka tiap pertiga bulan, dan ada yang modelnya persemester.

      sekolah musik ini maksudnya kursus musik kayak yamaha gitu? atau kuliah musik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s