I’m going home


Hola!

Bisa ditebak dari judulnya kalau saya akan pulang ke kampung halaman tercinta – Makassar. Akhirnya ketika ada yang menanyakan kapan saya pulang, saya bisa menjawabnya dengan sebuah tanggal. Biasanya percakapan yang terjadi ialah:

X: “Liburan pulang ga, Mit?”

G: “Ga.”

atau

X: “Kapan pulang Mit?”

G: “Ga tau. Tapi ga pulang sih sepertinya.”

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu cukup sering saya dapatkan ketika mulai memasuki masa liburan. Entah liburan lebaran, Natal, liburan semester, dan berbagai liburan lainnya. Orang-orang seringkali heran ketika mengetahui saya tidak pulang ketika liburan apalagi ketika liburan Natal atau liburan Imlek. FYI, saya sesungguhnya bingung kenapa orang-orang beranggapan saya harus pulang ketika liburan Natal atau Imlek?

Beberapa hari ini saya sering ditanya seberapa sering saya pulang dan kapan terakhir kali saya pulang ke Makassar. Ketika saya menjawab terakhir kali saya pulang itu tahun 2009, lagi-lagi orang-orang yang menanyakan maupun menyimak jawaban saya kembali kaget dan berkomentar ini itu. Well, for me it’s not a problem not going home. I like it here. Mungkin karena saya tidak mempermasalahkan kepulangan saya yang sungguh tidak sangat sering (FYI, saya baru pulang ke Makassar 1x dalam 5 tahun ini, sehingga kepulangan saya senin nanti merupakan kepulangan yang kedua), saya agak terganggu dengan ucapan orang-orang yang protes sudah lama tidak pulang padahal baru 2 atau 3 minggu dan pulangnya pun ke Jakarta atau masih di daerah Jawa yang notabene dekat dengan Bandung.

X: Minggu depan lesnya dibatalin aja. Ganti 2 minggu depannya lagi yaa.

Guru: Kenapa?

X: Mau pulang ke Jakarta. Udah lama ga pulang. uda 2 minggu

G: $%^$#@$^%^&@%^#!

Pasti banyak dari kalian yang berpendapat sering pulang itu merupakan hal yang baik. Well, bukannya saya mengganggap itu hal yang tidak baik. Tapi kesal saja ketika seseorang mengatakan sudah lama ga pulang dan itu hanya 2-3 minggu bahkan terkadang 1-2 bulan apalagi rumahnya di Jakarta dan daerah-daerah sekitarnya. Di mata saya, mereka terlalu manja. Karena mereka ingin pulang dengan alasan sudah amat sangat lama tidak pulang kemudian membuat orang lain jadi rugi (dalam hal ini contoh kasusnya les). Terkadang saya ingin langsung berkomentar “Baru tidak pulang 2-3 minggu aja sudah ngomong ga lama pulang. Gw yang baru pulang 1x dalam 5 tahun ini ga protes dan bilang itu ga lama.”😐

Yah, tiap orang berbeda. Saya sadar hal itu. Hanya tetap saja merasa annoyed bila mendengar perkataan seperti itu.

Sudah cukup curhatannya, sekarang kembali ke topik awal. I’m going home. Yap, senin 18 Juni 2012 saya akan pulang ke Makassar dengan bermodalkan Lion Air. Ketika kemarin ditanya pulang naik pesawat apa tiba-tiba salah satu mantan pembimbing saya berkata,”Hati-hati loh Mit, FDPnya mati.” Kyaaa..mungkin kalian tidak mengerti arti ucapan mantan pembimbing saya itu. Tapi orang-orang yang berada di ruangan tersebut langsung ketawa termasuk saya. Sebenarnya horor juga sih kalau tiba-tiba FDPnya mati. Sepertinya hari Senin nanti saya akan naik pesawat dengan tidak tenang. Celingak-celinguk😦

Kenapa saya pulang setelah sekian lama tidak pulang?

Karena saya dipanggil pulang. Jawaban yang cukup sederhana. Saya diminta membantu sesuatu di Makassar dan lebih mudah dilakukan jika saya di sana. Akhirnya berjuanglah saya membeli tiket pesawat on-line. Ini pengalaman yang pertama sehingga dag-dig-dug takut salah beli. Karena saya akan pulang, saya juga berpikir akan membawa pulang barang-barang yang sudah tidak saya gunakan lagi. Selain itu saya ingin ganti kacamata!😛 Mungkin bagi kalian tujuan mengganti kacamata bisa dilakukan di sini. Tapi, hidup sebagai seorang mahasiswa dengan kondisi keuangan pas-pasan tentunya lebih senang kalau bisa mengganti kacamata dengan gratis😛

Ketika saya telah membeli tiket, saya pun menyadari banyak kegiatan yang akhirnya harus saya hentikan karena kepulangan saya ini. Awalnya saya berencana menghentikan kegiatan saya di akhir bulan Juni, tapi ternyata kepulangan ini membuat saya harus menghentikannya lebih cepat. Kegiatan yang harus saya hentikan ialah:

  1. Les vokal: Akhirnya Kamis kemarin saya les vokal 2 sesi dalam 1 hari untuk mengganti jadwal saya selama 2 minggu ke depan. Walaupun akhirnya saya tetap kehilangan 1 sesi karena seharusnya masih ada 3x pertemuan😦 Rasanya sedih juga tidak akan les vokal lagi. Tidak akan vocalizing lagi di ruangan yang sama dan tidak akan ikut choir lagi😦
  2. Les biola: sama seperti les vokal, saya akhirnya menjalani 2 sesi dalam 1 hari dan di sesi kedua saya diajarkan bermain lagu Bunda😦 Kata gurunya sebagai lagu perpisahan. T___T
  3. Les mandarin: tadi siang saya sudah berpamitan dengan 老师 dan mengatakan mungkin bila saya sudah tidak ada apa-apa saya akan melanjutkan les di bulan Juli atau Agustus
  4. Part-time: sesungguhnya kontrak saya sudah habis dari bulan April dan belum diperpanjang lagi. Jadi bisa dibilang saya tidak terikat apa-apa di kantor. Tapi proyek yang dikerjakan memang belum selesai. Akhirnya karena saya harus pulang ke Makassar, dicarilah orang untuk menggantikan saya. Rasanya sedih juga ada yang menggantikan😦 Saya sendiri masih ditanya kapan bisa membantu lagi, tapi jadwal saya sendiri memang belum pasti. Di bulan Juli saya harus mengurus ini itu di Jakarta. Mudah-mudahan saja cepat selesai.

Setiap ada perjumpaan pasti ada perpisahan. Well, rasanya saya tidak sempat bergalau-galau ria atau bersedih-sedih ria ketika saya harus pindah ke Bandung dalam waktu 3 hari😛 Tapi sekarang rasanya agak sedih ketika tidak bisa melakukan kegiatan yang biasa saya lakukan. Yah, tapi life must go on. Perpisahan di sini berarti perjumpaan di tempat baru. Bertemu orang baru. Menambah kenalan baru. Suasana baru. Berbagai hal baru lainnya.

So, I’m going home! I don’t know either I’m happy or sad with it😛

再见!

signatureblack

Leave a Reply

