Hey! Say! JUMP – I am a JUMPer :D


Hey! Say! JUMP merupakan boyband asal Jepang yang terbentuk pada tahun 2007 dan berada di bawah Johnny & Associates. Mereka diberi nama Hey! Say! yang merujuk pada periode Heisei karena seluruh personelnya lahir pada periode Heisei. Info lengkap mengenai periode Heisei dapat dilihat di sini. Sedangkan JUMP sendiri merupakan singkatan dari Johnny’s Ultra Music Power. Jumlah personel Hey! Say! JUMP atau yang biasa disingkat dengan HSJ ini pada mulanya terdiri dari 10 orang, namun saat ini personelnya tinggal 9 orang saja.

Pertama kali mengenal HSJ baru beberapa minggu belakangan ini. Perkenalan dengan HSJ dimulai ketika saya menonton dorama berjudul Risou no Musuko (Perfect Son). Tokoh utama dari dorama tersebut ialah Daichi Suzuki yang diperankan oleh Yamada Ryosuke (山田涼介). Dorama tersebut mengisahkan seberapa besar cinta seorang anak pada ibunya. Walaupun Daichi sudah berumur 16 tahun, tapi bagi dirinya ibunya adalah segalanya. Ia lebih mementingkan ulang tahun ibunya dibandingkan pergi menonton konser bersama gadis yang menyukai dirinya. Seperti biasa dorama jepang agak mirip dengan anime. Banyak unsur kocak dan konyol. Hal ini tidak terlepas dari dorama Risou no Musuko. Daichi bertemu dengan berbagai lawan yang kemudian menjadi kawan dan lawan tersebut memiliki jurus-jurus tersendiri yang merepresentasikan binatang. Sebut saja buaya, elang, gajah, ular, dan sebagainya😛 Saya sangat menyarankan menonton dorama ini kalau ingin beristirahat dan butuh tontonan yang menghibur😀

Saya memperoleh dorama ini dari teman saya Gisca dan dari dia pulalah saya mengetahui kalau Yamada Ryosuke anggota dari band Hey! Say! JUMP. Awalnya saya sama sekali tidak tertarik dengan HSJ. Oke, mereka boyband, terus kenapa? Nothing special, at first. Setelah nonton beberapa episode Risou no Musuko, menyadari kalau teman Daichi, Kobayashi-kun diperankan oleh Nakajima Yuto dan dia juga anggota HSJ, plus terpukau dengan penampilan Yamada, saya pun mulai penasaran. Terlebih setelah mendengarkan lagu dorama tersebut, jujur saya jatuh hati dengan lagu tersebut :”> Saya kemudian menggunakan kekuatan om Google untuk mencari tahu segala sesuatu tentang HSJ dan disinilah saya sekarang menjadi seorang JUMPer (sebutan untuk fans HSJ😀 ).

Hey! Say! JUMP sendiri dibagi menjadi 2 grup yaitu Hey! Say! 7 dan Hey! Say! BEST. Saat ini Hey! Say! 7 terdiri dari empat anggota termuda HSJ yaitu Yamada Ryosuke, Nakajima Yuto, Chinen Yuri, dan Okamoto Keito sedangkan Hey! Say! BEST terdiri dari lima anggota tertua HSJ yaitu Yabu Kota, Takaki Yuya, Inoo Kei, Yaotome Hikaru, dan Arioka Daiki. Sebelumnya anggota termuda di HSJ adalah Morimoto Ryutaro. Namun, karena insiden beredarnya foto Morimoto merokok, akhirnya seluruh kegiatan Morimoto diberhentikan dan kegiatan HSJ berlanjut dengan 9 orang saja. Sebelumnya telah ada grup Hey! Say! 7 dengan kombinasi orang yang berbeda yaitu Yamada, Nakajima, Chinen, Takaki, dan Arioka.

Info lengkap HSJ dapat dibaca di sini😀

10 personel Hey! Say! JUMP

10 personel Hey! Say! JUMP

Mungkin kalian yang pertama kali melihat mereka akan berkomentar “Wah kumpulan cowo-cowo cantik”. Hmm, ada benarnya juga sih kumpulan cowo-cowo cantik. Tapi bagi saya lebih ke arah kumpulan cowo-cowo keren yang skill dance dan nyanyinya oke. Mereka kompak ketika menari dan perform di panggung. Hal ini yang membuat saya salut ke mereka. Tentunya butuh banyak latihan untuk bisa membuat gerakan 10 9 orang ini kompak. Untuk lebih mengenal mereka, saya menghabiskan waktu beberapa hari untuk mencari seluruh PV, single, album, dan beberapa making PV mereka. Saat ini mereka telah mengeluarkan 1 album berjudul JUMP no.1 dan 9 buah PV yaitu:

  1. [2007.11.14] Ultra Music Power
  2. [2008.05.21] Dreams Come True
  3. [2008.07.23] Your Seed/Bouken Rider (冒険ライダー)
  4. [2008.10.22] Mayonaka no Shadow (真夜中のシャドーボーイ)
  5. [2010.02.24] Hitomi no Screen (瞳のスクリーン)
  6. [2010.12.15] Arigatou ~Sekai no Doko ni Itemo~ (「ありがとう」~世界のどこにいても~)
  7. [2011.06.29] OVER
  8. [2011.09.21] Magic Power (マジックパワー)
  9. [2012.02.22] SUPER DELICATE

Kalau menonton PV-nya dari awal sampai ke SUPER DELICATE, pasti akan merasakan perbedaannya. 3 PV awal kelima anggota Hey! Say! 7 masih mendapatkan porsi menyanyi yang sedikit dan suara yang dominan berasal dari kelompok Hey! Say! BEST. Akan tetapi, setelah PV ke-4 porsi menyanyi mereka pun bertambah. Suara Yamada Ryosuke mulai terdengar dan biasanya dijadikan lead vocal. Well, suaranya memang bagus sih :”>

Dari seluruh anggota Hey! Say! JUMP ini tentunya saja anggota terfavorit saya adalah Yamada Ryosuke😀 Awalnya saya suka dengan acting-nya di Risou no Musuko dan kemudian makin bertambah suka ketika melihat PV SUPER DELICATE. PV tersebut dimulai dengan suaranya menyanyikan “Aa~ boku ni wa kimi ni shika miserarenai koto ga aru” dan diikuti dengan penampilan ekspresi wajahnya yang menurut saya cool😀 Dance mereka juga keren dan well, as I expected, suara Nakajima Yuto juga okeeee😀 Penasaran dengan arti lagu itu, saya pun kembali menggunakan kekuatan om Google untuk mencari arti lirik SUPER DELICATE daaaann arti liriknya bagus😀 Secuplik arti lirik SUPER DELICATE:

Aa~ for me there’s a face that i show only to youin front of people, I discern the atmosphere
I fake a smile, and keep it on
if someone told me to try harder
i’ll nod honestlywhen i was a child, i didn’t know
that i was such a coward
i wanted to cry,but i couldn’t
my chest feels like tearing apart
there’s a face that i show only to you
there’s a face that i show only to you
you were smilling, said to me “it’s OK”
Aa~ for me there’s a face that i show only to you
Somehow, ketika membaca arti lirik itu jadi ingat pengalaman sendiri😛
Dua lagu ter-oke menurut saya dari ke-9 single mereka adalah OVER dan SUPER DELICATE. Dance mereka di sana keren dan melodinya enak didengar😀 Oh iya, cover SUPER DELICATE itu seperti ini:
Kembali ke Yamada Ryosuke😀 Saat sedang menonton making PV SUPER DELICATE, saya super kagum dengan dia. Ekspresi mukanya bisa berubah dengan cepat. Sesaat sebelum gilirannya direkam, dia masih menghadap kamera dengan membuat ekspresi muka aneh dan tertawa tapi ketika detik berikutnya kamera merekamnya untuk menyanyi, ekspresi mukanya langsung berubah serius dan sesuai dengan penghayatan lagunya. Super salut dengan orang yang bisa seperti itu. Terlihat sifat profesionalnya. Hal yang sama juga saya temukan pada making PV OVER. Lagi-lagi ketika gilirannya telah selesai, ia sempat tersenyum dan tertawa tetapi pada saat mulai lagi, ekspresinya berubah dan ia kembali menari dengan kereeeennn ><
FYI, Yamada Ryosuke dan Chinen Yuri juga tergabung ke kelompok lain yaitu NYC dengan Nakayama Yuma. Mereka bertiga juga mengeluarkan beberapa single seperti Hey! Say! JUMP. Awalnya saya mengira konsep lagu NYC dan HSJ akan sama, tapi ternyata berbeda bahkan dari PVnya juga terlihat berbeda. NYC sendiri sudah mengeluarkan 4 single yaitu:
  1. [2010] Yuuki 100% –> menjadi OST Anime “Nintama Rantarou”
  2. [2010] Yoku Asobi Yoku Manabe
  3. [2011] Yume Tamago
  4. [2012] Wonderful Cupids
Sebelumnya, NYC sendiri pernah mengeluarkan lagu berjudul “NYC”. Lagu tersebut hasil kolaborasi dengan empat orang B.I Shadow dan grupnya bernama NYC boys😀 Lagu tersebut ditujukan untuk turnamen voli wanita. Setelah lagu tersebut, akhirnya NYC tidak hanya menjadi grup sementara tetapi berubah menjadi grup tetap dan menelurkan single juga. Konsep lagu-lagu NYC lebih terkesan “cantik”. PV mereka juga tidak diisi dengan dance seperti halnya PV Hey! Say! JUMP. PV mereka lebih ke arah cuplikan kegiatan mereka dan memiliki alur bahkan seringkali digabung dengan gambar-gambar kartun seperti yang bisa dilihat pada PV Yume Tamago dan PV Wonderful Cupids.
Selanjutnya saya akan memasang foto personelnya satu persatu😀 Hmm..mungkin bisa dibilang penempatan foto diurutkan berdasarkan urutan 1 – 9 personel terfavorit saya😛 Ah! Satu info penting mengenai Yamada Ryosuke: dia super suka dengan strawberry bahkan sampai dia takut mukanya berubah jadi merah karena kebanyakan makan strawberry😀 Info yang menurut saya cukup lengkap mengenai Yamada Ryosuke bisa dilihat di sini.

Yamada Ryosuke

Nakajima Yuto

Chinen Yuri

Inoo Kei

Okamoto Keito

Arioka Daiki

Yaotome Hikaru

Takaki Yuya

Yabu Kota

Rasanya sudah cukup panjang cerita mengenai Hey! Say! JUMP ini. Gara-gara mendengar lagu mereka dan menonton Risou no Musuko, saya jadi ingin belajar bahasa Jepang lagi. Dulu saat TPB saya sempat belajar Jepang, namun cuma beberapa bulan dan tidak dilanjutkan lagi karena kesibukan lain. Sesungguhnya saya lebih suka lagu Jepang dan bahasa Jepang dibandingkan Korea. Mungkin karena pengaruh dari kecil sudah suka dengan anime dan biasanya nonton anime, baca manga, dan dengar lagu anime jadinya ketika mendengar bahasa Jepang bisa ngerti dikit-dikit. Lagu-lagu Jepang pun tipikal lagu anime dan itu membangkitkan semangat😀

Akhir kata, mari ramai-ramai menjadi JUMPer😛

再见!

signatureblack

60 thoughts on “Hey! Say! JUMP – I am a JUMPer :D

    • nope. mereka bukan yaoi/homo/gay. mereka normal kok. fans mereka aja yang suka bikin mereka berpasangan bahkan sampai bikin fan fiction bergenre SMUT di antara mereka😐
      fansnya juga suka banget sama pairing makanya kesannya anggota HSJ jadi yaoi padahal sebenarnya ga. Gw sendiri ga suka dengan pairing itu. Mereka sebatas sahabat dan karena bergaulnya dengan sesama anggota saja dan ditambah cerita-cerita fan fiction yang suka dibuat fans lain makanya terkesan mereka yaoi.

      • Ani Nadezhda says:

        Saya rasa nggak bijaksana ya kalo ‘nuduh’ fan fiction sebagai ‘biang’ ke-yaoi-an mereka.
        Bagi saya ada fanfic adalah sebuah kreativitas seorang fansu. Ada ato tidaknya fanfic nggak bakal jadi pengaruh ke-yaoi-an mereka (baik itu gay ato homo).

        Pada dasarnya semua itu kembali pd membernya masing2, nggak akan ada asap kalo nggak ada api.
        Toh, kalopun realitanya mereka spt itu ya bagi saya sepenuhnya hak mereka, saya nggak bakal ngehujat ato jelek2in apalagi sampe nyalahin. Karna pd dasarnya para idol itu juga manusia yg bisa ngelakuin ‘kesalahan’. Kita cuma bisa men-support (bukan perbuatan/tindakan/kelakuannya tapi support orangnya secara positif).

        Itulah fansu yg cerdas! Banyak loh fansu yg abal2.

        • Saya setuju kalau itu hak idol dan saya juga ga ada niat buat menuduh fan fiction sebagai biang ke-yaoi-an mereka. Namun terkadang memang banyak fanfiction yang ‘fantasi’-nya berlebihan sampai membuat orang lain berpikir jangan-jangan memang realitanya seperti itu. Nah, kalau yang seperti ini kan jadinya agak menyesatkan pandangan orang lain terhadap idol yang menjadi objek di fanfiction tersebut (baik itu HSJ atau idol yang lain).

          Btw, makasih ya sudah berkunjung ke sini😀

  1. wah mbaqnya keren bru beberapa minggu jdi JUMPer tpi udah tw banyak bnget tntang HSJ, mlbihi sy hehe:) ,
    sy juga JUMPer loh, ichiban sy chinen yuri, salam knal ya mbaq🙂
    tpi mungkin krna masih SMP jdi gk punya banyak ksmpatan buat selancaran di internet buat nyari smw tntang HSJ hehe:),

    • hehehe😀 salam kenal juga😀
      Karena suka jadinya nyari infonya ke sana kemari trus ngumpulin pv + konser + performance mereka..
      Nonton sprout ga? chinen jadi pemeran utamanya loh, trus rambutnya diwarnain coklat *kyaaa*

    • salam kenal juga😀

      gw paling suka super delicate😀 trus boku wa vampire, wonderland train, star time, dash!!, Ganbarettsugo, snap, sama fly..

      suka jump soalnya lagu-lagunya enak, gerakan mereka kompak kalo dance, dan suka sejak nonton doramanya ryosuke..

  2. nonton risou no musuko dimana ?
    aku dah cari” kasetnya tapi gak ketemu.

    salam kenal, aku tika
    aku jadi suka HSJ sejak minjem+nonton dorama gokusen 3 karna cast utamanya keren bgt *lirik takaki yuya

    dan sejak itu aku jadi JUMPer, terus nemu pv SUPER DELICATE dan terpesona oleh hawa dinginnya yamada ryosuke

    mohon bantuannya juga ya😀

  3. Hyechan Ahn says:

    salam kenal!
    senangnya bertemu para jumper !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    saya udah ngefans sama mereka sejak tahun 2008….
    bias saya disini sebenarnya morimoto ryotaro sama nakajimam yuto, tpi yah brhubung ryotaronya kena msalah, hanya ada yuto di hatiku !

  4. salam kenal!
    senangnya ketemu jumper dr taiwan>_<
    aku baru kenal HSJ setelah liat yuya main di gokusen 3 tapi baru gencar nyari tau segala hal tentang HSJ baru akhir taon 2012 tadi,hehe.. jadi mohon bantuannya..
    titip salam buat warga (?) Indonesia disana ya..^^
    arigatou gozaimatsu..

  5. Ryofin says:

    wahh, pengalamannya sama bngt sama aku, aku suka HSJ awalnya gara2 liat Yamachan di risou no musuko trs demen sama OSTnya pas dicari, super delicate yamachan ikut nyanyi dsana, eh langsung tau dia anggota idol group , aku jdi cari2 info tntang HSJ deh~ jdinya demam Yamachan plus HSJ lol, dimana ada Yamachan semuanya aku jdi suka ~~😄 salam kenal ya ichiban kita sama❤

  6. Aku juga JUMPer,
    Salam kenal ya..

    Cerita kita soal mengenal HSJ hampir sama loh,
    Ichiban gua Yaotome Hikaru,

    Semua lagu HSJ aku suka, tapi yang paling sering aku putar cuma 2 Dreams come true ama Bounce.

  7. wah…. postingan’y keren.. sangat membantu saya mengenal HSJ n menjawab pertanyaan saya juga
    sbnrnya tau HJS itu wktu saya kelas 1 SMP (2007) *sekedar baca berita ttg mereka di majalah, n jujur wktu itu g tertarik sm sekali (muka2nya terlalu imut+saya ga suka boy band) he
    mulai tertarik baru akhir tahun 2012 lalu, gara2′y nonton akting Yama-chan di DSQ Live Action n Kindaichi Shonen no Jikenbo, memerankan 2 tokoh yg karakternya bertolak belakang dg sangat baik, bener2 unik (y) . akhirnya saya searching n downloading film/dorama terkait Yamada Ryosuke
    puas dg aktingnya, penasaran dg lagu HJS *lagu HJS slalu jadi ending song di tiap film yg dibintangi Yama-chan. ketemu deh album Ride With Me, lagu2′y enak didenger, bikin ceria, n sangat memotivasi ^_^
    ketemu PVnya, wuuiiih…….dance’nya keren! makin salut dh m HSJ (y) *terutama Yama-chan
    sampai skrg msh sk download lagu2 n PV HSJ sm sgla video yg berbau Yama-chan
    *tpi blm nemu yg Hands Up -.- ada yg punya/tau link downloadnya?
    #eh.. ini komen apa curhat ya? panjang amat, haha
    Yosh, I’m new jumper, yoroshiku minna ^_^

  8. Rere says:

    Hallo..salam kenal buat kakaknya hehe
    I’m a JUMPer too..
    Aku ngefans bgt sma Yamachan😀
    Suka bgt liat PV Super Delicate krn Sii Yamada sooo Handsome😀

  9. Rezha Kota Chun says:

    Salam kenal kak……
    Aku juga fans HSJ…..
    Udah ckup lma sich jadi fans HSJ……tapi baru2 ini aja cari tau tentang HSJ lebih dalam….
    Mohon bantuannya ya kak……
    Oh ya…….Ichibanku Yabu Kouta…

  10. Rezha Kota Chun says:

    Kak mau tanya nich…
    Kata temenku yg sama2 fans HSJ jga (dia jga fans yamada)…..ktanya thun dpan yamada bakal maen d slah stu film…….ktanya jga peran yamada d film itu sbgai pembnuh…..bner gak kak?

  11. chan chani says:

    haiiii, aku bingung nih mau nanya ke siapa, aku baru kenal hei sei jump lewat lagu.nya yg super delicate, langsung jatuh cinta😀
    aku mau nanya nih tolong ya dijawab kalo tau lagu nya buka youtube trs ketik (Ryo&Ryu) pasti ada ko nh aku mau nanya lagu yg dipake video itu judul.nya apa? itu lagu HSJ deh kyk.nya, tolong yaa aku suka bgt lagu itu tp gatau judul.nya
    makasih🙂

  12. chan chani says:

    makasih ya skai_la dan currarpickt. aku suka bgt sm lagu itu🙂
    hei kenalan dong, nyari temen buat ngerumpi hsj, aku suka sm ryu, tp gatau deh gmn kabar.nya dia bakal balik lagi apa engga gara skandal.nya😦
    .

  13. chan chani says:

    makasih ya skai_la dan currarpickt. aku suka bgt sm lagu itu🙂
    hei kenalan dong, nyari temen buat ngerumpi hsj, aku suka sm ryu, tp gatau deh gmn kabar.nya dia bakal balik lagi apa engga gara skandal.nya😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s