Sayonara Tugas Akhir


Yup, melihat judulnya saja saya kira anda semua sudah bisa menebak isinya. Tugas Akhir saya sudah bereeeeeessss😀 *joget-joget*

Tugas Akhir yang mulai dikerjakan di bulan Oktober 2010 akhirnya selesai juga di bulan Mei 2011. Dari yang sama sekali bingung  dan ga punya topik Tugas Akhir, ngobrol sana-sini demi mencari pencerahan, dan akhirnya selesaaaiii (rasanya sungguh legaaa). Sekarang saya memahami maksud kakak-kakak angkatan atas yang seringkali mengatakan bahwa mengerjakan Tugas Akhir itu sulit. Sebenarnya bukan Tugas Akhirnya yang sulit tapi mengumpulkan niat untuk mengerjakan Tugas Akhir tersebut karena sesungguhnya tidak ada deadline yang cukup mengikat mahasiswa untuk mengerjakannya. Hal tersebut juga saya alami. Saya tipikal orang yang kalau tidak diberikan deadline maka akan cukup sulit untuk memulainya. Begitu melihat deadline tidak jauh dari mata lagi (hmm..kira-kira sebulan) saya pun mulai ngebut mengerjakannya dan kesimpulan yang saya dapatkan adalah begitu memiliki niat maka Tugas Akhir ini bisa dikerjakan dalam jangka waktu yang singkat.

Begitu mengumpulkan dokumen TA tanggal 30 Mei 2011 rasanya satu beban sudah terangkat. Selanjutnya memikirkan sidang TA. Sidang TA saya terjadi pada tanggal 15 Juni 2011 jam 15.00-16.30 WIB. Rasa dag-dig-dug pastinya ada dan juga ngantuk (well, karena itu siang banget jadi ngantuk :P). Mempresentasikan TA dan mendemokan apa yang sudah saya kerjakan selama ini, melihat reaksi para dosen penguji dan juga dosen pembimbing saya, berusaha memusatkan perhatian pada pertanyaan yang dilontarkan dan melawan rasa kantuk yang menyerang, sungguh merupakan ujian tersendiri bagi saya. Menanti keputusan di luar ruang sidang membuat rasa kantuk saya semakin besar. Begitu diumumkan kalau saya lulus bersyarat, tadinya mau senyum ceria cemerlang karena ceritanya lagi bahagia, namun apalah daya, rasa kantuk lebih besar sehingga membuat saya hanya senyum kecil saja dan lebih ke arah muka datar ketika mendengar pengumuman😛

Revisi pun hanya diberikan waktu 2 hari *mungkin biar jadi kado ulang tahun :P* dan setelah revisi disetujui pun kembali rasa kantuk itu menyerang. Beberapa hari ini – tepatnya setelah sidang – saya selalu mengantuk ketika mulai sore hari. Mungkin ini efek pengerjaan TA😛 Badan saya meminta istirahat yang dulu dirampas darinya ketika berusaha mengejar deadline. Tadi siang pun saya telat ke bank untuk mengurus keperluan wisuda karena terlambat bangun. Akhirnya dalam waktu 4 jam lebih saya berhasil menutup rekening bni saya, mengurus tabungan mandiri saya, mengurus kartu perpus bebas pinjam, dan membayar iuran wisuda. Besok saya akan berjuang dengan menjilid TA saya dan membuat pas foto baru.

Sedikit tips bagi teman-teman yang nantinya akan memilih topik TA dan menjalani TA:

  1. Jangan terlalu `pongah` dalam memilih topik. Hindari pemikiran “Saya ingin membuat sesuatu yang sama sekali baru dan tidak ingin seperti tugas kuliah”. Pemikiran tersebut memang bagus tapi ingat juga kemampuan kalian. Jangan sampai nantinya topik yang kalian pilih berdasarkan pemikiran tersebut akan menjadi beban ekstra bagi kalian karena kalian sama sekali tidak mampu menyelesaikannya dan kemudian menyesali pilihan tersebut.
  2. Cobalah berkonsultasi dengan berbagai orang misalnya dosen (ga harus dosen pembimbing), teman, dan kakak angkatan atas. Semakin banyak berkonsultasi dapat menimbulkan berbagai ide dan mungkin saja ide tersebut dapat digabungkan.
  3. Pilih topik sesuai dengan bidang yang diminati. Misalnya, kamu senang dengan kriptografi, maka pilihlah topik TA yang memuat unsur kriptografi.
  4. Rajin-rajinlah bimbingan, setidaknya rajinlah bertanya kalau memang kamu tidak mengerti atau kehilangan arah ketika mulai mengerjakan TA
  5. Tanya omm google untuk berbagai hal yang mungkin kamu tidak mengerti, baca ebook dan berbagai paper terkait.
  6. Sebaiknya kamu sudah tahu bentuk akhir dari topik TA yang kamu usulkan itu apa. Apakah aplikasi, metodologi, rancangan, atau apa? Jangan sampai sudah dipertengahan baru kemudian bingung sebenarnya TA saya ini maksudnya apa ya?
  7. Ketika ada orang yang bertanya “Gimana TA?” acuhkan saja kecuali yang bertanya dosen atau orangtua kamu. Soalnya sesungguhnya ditanyai tentang TA di saat sedang bingung dan mentok ga bisa ngerjain itu sungguh annoying alias menyebalkan. Jadi daripada kamu marah-marah ga jelas karena ditanyain seperti itu mending diacuhkan saja.
  8. Ketika mendekati deadline, gunakan seluruh kekuatan yang ada. Sesungguhnya the power of deadliner itu sungguh mengagumkan😀 Tapi bukan berarti saya menganjurkan kalian menjadi deadliner. Tidak. Jangan sampai kalian menjadi deadliner. Itu sungguh tidak baik.
  9. Pilihlah dosen pembimbing yang benar-benar sesuai di hati kalian. Pilihlah dosen yang bisa menjadi tempat kalian berkeluh kesah dan bertanya ketika ada hal yang tidak dimengerti. Pilihlah dosen yang memang kalian merasa “sreg”. Jangan memilih dosen yang dari awal memang kalian tidak sukai. Bahaya.

Sepertinya hanya itu tips yang bisa saya berikan. Selamat mengerjakan TA bagi teman-teman yang masih berjuang dan selamat memikirkan topik TA bagi yang baru mau mengambil TA di semester depan😀

Leave a Reply

