what’s your goal?


Belakangan ini gw seringkali ditanyai oleh orang – orang disekitar “Apa yang akan kamu lakukan nanti?”

Menurut gw, pertanyaan itu agak sulit untuk dijawab..kenapa?karena gw bukan orang yang gemar merencanakan sesuatu untuk jangka panjang..gw memang senang merencanakan sesuatu tapi itu hanya untuk jangka pendek..begitu tujuan tersebut telah tercapai, barulah di saat itu gw mulai berpikir apalagi yang mau gw lakukan..

Ketika ditanya seperti itu, gw hanya bisa menjawab “yah, gw pengen lulus tepat waktu dulu deh”

Dan orang – orang akan kembali bertanya, “setelah itu apa yang kamu lakukan?”

dan gw pun kembali bingung..sungguh..di pikiran gw ga pernah terbersit gw akan kerja kantoran yang harus masuk tiap jam 7 atau jam 8 pagi kemudian pulang jam 5 sore dan harus mengenakan kemeja, blazer, rok, plus high heels..

wew..

itu ga pernah ada di pikiran gw..gw pengennya ketika gw kerja nanti, gw bisa mengerjakan dengan senang hati, ga menganggap kerjaan itu suatu paksaan dan ga bisa gw nikmati..gw pengen membuka usaha sendiri..tentunya usaha itu bukan membuka toko kelontongan..tapi ntah jasa konsultan atau semacam software house😀

sekarang pun gw sedang bingung..pertanyaan yang sudah mulai dilontarkan menjelang masuk kuliah ialah “apa topik tugas akhirmu?”

oke. bingung.

gw tidak ingin sekedar membuat perencanaan saja yang hanya bisa berteori tanpa bisa gw buktikan kebenarannya, tetapi gw juga tidak mau membuat sebuah perangkat lunak saja tanpa sebuah analisis yang kuat..dan gw ingin apa yang gw buat sebagai tugas akhir gw ini benar-benar bisa dipakai.

nah kan, gw banyak maunya tapi ga bisa mendeskripsikan itu menjadi sebuah topik TA..😦

hueh, selain topik TA, masih banyak hal lain yang gw pikirkan..

1. lab tercinta — programming

gw pengen membuat lab ini benar-benar nyaman dan bagaimana semua orang di dalamnya bisa berinteraksi dengan baik dan bagaimana mereka bisa melihat sebuah kerjaan itu sebagai sesuatu yang menyenangkan dan tidak dikerjakan dengan terpaksa apalagi dilemparkan ke orang lain yang jelas-jelas tidak ada hubungannya. gw masih mencari metode bagaimana bisa benar-benar membuat semuanya saling merasa memiliki.

2. asisten mata kuliah

gw pengen di semester ini, gw benar-benar bisa menjadi asisten yang baik bagi mereka yang gw asistenin. gw pengen bener-bener bisa membimbing mereka di jalan yang benar (ga menyesatkan) soalnya gw merasa kemaren – kemaren gw belum bisa bener – bener menjadi asisten yang baik.

3. kerja

gw belum kepikiran bagaimana caranya gw bisa membagi waktu gw, tapi gw kepingin part-time lagi..dan gw amat sangat ingin mencoba part-time di toko makanan seperti di mcd, kfc, atau restoran lainnya..ingin mencoba bagaimana seharian harus menahan senyum dan bersikap ramah ke tamu – tamu yang datang..walaupun di waktu kemaren bertugas sebagai operator pmb pun telah menuntut untuk selalu tersenyum dan bersikap ramah ke anak – anak maupun bapak ibu baru, namun gw merasa itu masih kurang. gw benar – benar ingin mencobanya😀

4. ngajar

sudah lama banget sejak terakhir kali gw mengajar les..itu terakhir awal – awal tahun 2009 sepertinya..merasa kangen aja mengajarkan ke anak2 sd, smp, sma tentang konsep matematika (benda yang uda ga pernah gw sentuh lagi😦 padahal gw paling suka matematika >< ). jadi terpikir untuk ngajar lagi..hehehe..tapi siapa ya targetnya?😛

5. fasttrack

ini agak aneh sih sebenarnya..gw bahkan bingung dengan topik TA tapi malah uda ambil fasttrack (_ _”) dan sebenarnya gw ada keinginan untuk kuliah s2 di luar negeri..tapi gw tau kalo untuk keinginan gw yang satu itu sulit untuk bisa direalisasikan..makanya gw ngambil fasttrack ini..wew..ga tau gimana akhirnya tapi berdoa dan berusaha saja untuk hasil yang terbaik..FIGHT!

6. Mandarin

gw amat sangat pengen bisa lancar mandarin, baik itu ngomong, denger, dan nulis.. karena itu gw mulai mengambil les mandarin sejak mulai kuliah di semester 7 ini.. gw sadar uda agak telat untuk mulai belajar bahasa ibu ini..tapi entah mengapa gw semangat 45 untuk mempelajarinya..lain halnya dengan inggris, gw tidak semangat mempelajarinya padahal gw tau kalau inggris itu bahasa global dan dipakai dimana-mana..di saat teman – teman gw sibuk pengen tes toefl, les persiapan toefl, dan segala sesuatu yang berbau inggris-inggrisan, gw malah semangat 45 untuk belajar mandarin😀

sebenarnya uda sejak tingkat 3 pengen belajar mandarin namun belum sempat terealisasikan. kejadian waktu pmblah yang membulatkan tekad untuk belajar mandarin. waktu itu ada mahasiswi internasional dari malaysia yang ngomong mandarin sama temennya. nah gw ngerti dengan apa yang mereka katakan dan waktu itu dia sedang bertanya sesuatu ke temannya. gw pengen membantu menjawab namun apalah daya karena tak tau mau ngomong gimana jadi gw hanya diam sampai akhirnya temannya bertanya ke gw dalam bahasa inggris, barulah gw bisa menjawabnya..yak, gw pasif..hanya bisa mendengar, tak mampu ngomong dan tulis..karena itu membulatkan hati dan bertekad bisa mandarin!

tunggulah aku beberapa saat lagi pasti uda bisa lancar ngomong, denger, dan nulis mandarin. Amin.

7. Jalan – jalan

nah ini satu lagi obsesi gw yang agak aneh..pengen jalan – jalan keliling dunia >< ntah mengapa gw membayangkan setelah lulus gw ga akan tinggal di indonesia lagi..akan menetap entah dimana (di kepala gw sekarang pengen menetap di taiwan😛 ) dan berkeliling dunia buat jalan – jalan..😀

8. rumah sendiri

dari sma gw uda pengen punya rumah sendiri..rumah yang gw beli dengan uang hasil kerja gw sendiri..gw membayangkan rumah itu punya taman dimana bisa duduk santai di sana (ada ayunan😀 )..terus ada teras dan balkon..ada taman bermain dan yang paling penting ada kolam bola! yap kolam bola! (lu ga salah baca kok😛 )

ntah mengapa gw pengen banget punya rumah yang ada kolam bolanya >< mungkin karena waktu gw kecil gw jarang banget maen kolam bola..hehehe..terus gw pengen di dalam rumah gw, ada ruang kreativitas (alias ruang seni), ruang musik, perpustakaan, ruang masak, home theater, dan ruang elektronik dimana di dalamnya ada laptop – laptop dan komputer – komputer😀

gw sadar rumah kayak gitu tuh pasti mahal..untuk itu gw perlu menabung yang banyak biar benar-benar bisa kesampean bangun rumah seperti itu😀

9. penulis

sejak smp gw uda suka nulis dan pernah berpikir akan menjadi penulis suatu hari nanti..tentu saja yang akan gw tulis itu cerita fiksi dan bukan buku pelajaran..hehehe..😀 gw tiba-tiba teringat temen gw beberapa hari yang lalu tiba-tiba ngomong gini ke gw:

I : “Mit, gw menemukan nama lo di dalam buku cetak bahasa indonesia adek gw”

Gw: “HAH?kenapa nama gw bisa ada dalam buku adek lo?”

I : “Iya, jadi gw lagi mau nemenin adek gw belajar..trus gw melihat ada puisi di dalam buku cetaknya..Gw baca dan isinya tentang membaca gitu dan agak panjang isinya..pas gw liat nama pengarangnya itu Gemita Ria The diambil dari majalah bobo edisi XX. Siapa lagi yang punya nama seperti itu kalo bukan lo?”

Gw sempet bengong mendengar penjelasan dia..gw emang pernah ngirim puisi ke bobo dan itu dimuat di majalahnya sampai – sampai gw dapat kaos bobo dan boneka tazmania yang cukup gede..😀 dan gw kaget aja kalo puisi yang gw tulis waktu gw kelas 6 sd itu bisa masuk ke buku cetak anak sd jaman sekarang dan beredar di mana – mana..ada rasa bangga juga sih😀

sejak itu berpikiran untuk nulis lagi, tapi belum sempat memulainya karena masih banyak kerjaan ><

mudah – mudahan seiring dengan berjalannya waktu, gw memiliki waktu luang jadi bisa nulis..😀

10. reporter / pembawa berita

pengen nyoba jadi pembawa berita di radio atau di tivi..hehehe..terlihat keren😛

11. konsultan

karena gw pengen membuka usaha sendiri di bidang konsultasi, jadi mulai sekarang gw berusaha mendengarkan dengan baik segala keluh kesah teman-teman gw dan berusaha memberikan saran terbaik untuk mereka..hehehe..walaupun yang biasanya dicurhatin itu tentang cewe😛

gw senang mendengarkan orang bercerita tapi gw sendiri kurang senang kalo gw ditanya-tanyain tentang kehidupan pribadi gw..itu salah satu kelemahan gw, tapi gw benar-benar ga suka dipaksa ngomong tentang apa yang gw rasakan..kalau emang gw pengen ngomong, gw pasti ngomong..

12. bagaimana menjadi orang yang sabar

seperti yang sodara – sodara ketahui, gw bukan tergolong orang yang sabar..gw cepat emosi dan marah..bedanya gw ga pernah melampiaskan kekesalan dan kemarahan gw dengan mengeluarkan sumpah serapah atau kata – kata tidak etis lainnya..ketika gw kesal atau marah, gw hanya akan diam atau menceritakannya ke orang yang emang pengen gw ceritain dan gw berusaha tidak bertemu dengan orang lain karena omongan gw pasti akan jadi lebih menusuk..

selama 1 bulan pertama kuliah ini, sudah banyak kejadian yang menguji kesabaran gw..dan gw harus benar-benar mencoba untuk menahan diri dan bersabar..sungguh bersabar itu merupakan hal yang susah untuk dilakukan..tapi gw akan terus mencobanya..berusaha menanggapi omongan orang – orang dengan lebih baik walaupun omongan orang tersebut nyebelin..fiufh..

yak sepertinya hanya segitu yang ada di pikiran saya saat ini..berputar-putar..tapi tetap saja yang menempati prioritas utama adalah topik TA😦

Sudah pagi, waktunya tidur..setelah 3 jam berusaha membersihkan dan mengubah tata letak kamar, sekarang marilah menikmati suasana baru kamar ini😀

gw akan berusaha untuk mendapatkan semua yang gw pikirkan (yang gw tuliskan di atas)!

FIGHT! FIGHT!

5 thoughts on “what’s your goal?

  1. krishna says:

    haha.. bermimpilah.. selagi masih bisa bermimpi…
    mahasiswa itu masa2 kita bebas bermimpi looh..😉..
    sbtulnya kerja jg bebas si😛.. tp kl masa2 udah gawe, kita bakal bertemu sm dinding2 realita.. dan kadang dinding itu sangatlah tinggi..😉
    hahaha..

  2. mawarjinggashop says:

    Haii…baru mampir di sini pas nyari2 MBA🙂
    Point no. 9 ..wah keren bgt puisinya msh tercetak smpe skrg..
    Oiya di taiwan MBA brapa tahun kah?

Leave a Reply

