Cinta Terlarang


Begitu membaca judulnya kalian pasti berpikiran “sepertinya itu judul lagu deh”..Tapi sayangnya itu bukan judul lagu^^

Pada cerita kali ini, saya akan memberikan opini mengenai suatu hal yang sering disebut dengan sayang cinta..

Cinta itu tidak bisa ditebak kapan datangnya..Kita tidak dapat memilih ingin suka dengan siapa..Tidak bisa memilih ingin sayang dengan siapa..Dan tentunya tidak bisa memilih jatuh cinta dengan siapa..Ketika kita mulai merasakan jatuh cinta, well we just fall in love without any reason..

Saat seseorang menanyakan pertanyaan klasik mengenai alasan kenapa pihak kedua bisa menyukai dirinya, maka terkadang jawaban klasik pun akan dilontarkan

karena menyukai seseorang tidak perlu menggunakan alasan..Jika alasan tersebut hilang, rasa suka itu pun akan hilang..

Dan memang jawaban klasik itu benar..Ketika kamu menyukai seseorang karena dia tampan maka di saat dia beranjak tua, rasa suka kamu akan hilang karena dia tidak lagi tampan..Ketika kamu menyukai dia karena dia kurus, maka di saat dia menjadi gendut kamu tidak akan menyukainya lagi..Jika itu yang kamu rasakan, maka sesungguhnya itu hanyalah rasa mengagumi dan bukan rasa sayang/suka/cinta sesungguhnya..

Pernahkah kamu mendengar kata-kata

mencintai tidak selamanya memiliki..jika kamu berani untuk mencintai maka kamu harus berani kehilangan

Dulu saya tidak mengerti arti dari kalimat tersebut..Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai memahami perkataan tersebut..Saat kamu menyukai seseorang tetapi orang tersebut tidak menyukai dirimu maka kamu akan merasa kehilangan..Saat kamu menjalin hubungan dengan orang yang kamu sayang dan kemudian putus, kamu akan merasa kehilangan..Sesimple itu..

Namun, ada kalanya ketika kita mencintai seseorang, kita tidak dapat memilikinya.. Mengapa??Terlalu banyak hal – hal yang menjadi penghalang..Menurut hasil pengamatan saya selama ini, terdapat dua hal besar yang menjadi penghalang bagi sebuah pasangan untuk menjalin hubungan:

  1. Agama, di saat kamu menyukai seseorang yang berbeda keyakinan dengan dirimu, maka bersiap-siaplah untuk merasa kehilangan..Jaman sekarang ini masih sangat banyak yang memegang prinsip pasangan hidup itu harus memiliki keyakinan yang sama dengan diri kita..Dan saya termasuk salah satu orang yang memegang prinsip hidup tersebut..Menurut saya tanpa sebuah keyakinan yang sama akan sulit untuk membangun sebuah hubungan..Pasti akan terjadi banyak perbedaan pendapat..Dan butuh suatu toleransi yang sangat besar agar hubungan tersebut dapat berjalan dengan lancar..Namun, selain itu, dari pihak keluarga juga biasanya akan melarang anaknya untuk menjalin hubungan dengan orang yang berbeda keyakinan..
  2. Ras, hal yang ini sama dengan agama..Beberapa orang masih menganggap ras ini sebagai suatu syarat mutlak dalam menjalin hubungan..Keluarga saya pun termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang mengganggap syarat ini merupakan sebuah hal yang vital..

Hal yang paling tidak enak ialah di saat kamu merasakan kamu jatuh cinta dengan orang yang tidak memenuhi kedua syarat tersebut..Seandainya salah satu syarat tersebut tidak dipenuhi, mungkin masih ada harapan..

Apa yang harus kamu lakukan dengan perasaanmu itu?Haruskah dibuang jauh-jauh atau dibiarkan begitu saja?Kamu tahu di dalam hatimu kamu ingin bersama dengan orang tersebut. Namun, di saat yang sama pikirianmu memberitahukan seluruh konsekuensi yang akan kamu terima karena perasaanmu itu.

Di saat kamu harus memilih, manakah yang akan kamu pilih?Perasaanmu atau pikiranmu?

Kalau saya yang mengalami posisi tersebut tentu saja saya akan memilih pikiran..Mengapa?Sederhana saja..Sebab itu sudah merupakan prinsip hidup dan saya tidak ingin membuat masalah bagi keluarga..Jika ditanya mengapa dapat dengan mudahnya melakukan hal itu, sebenarnya saya tidak semudah itu dapat melakukannya namun jika terpaksa maka semuanya pun bisa dilakukan..

Sakit memang menolak orang-yang-disayangi-dan-menyayangi kita ketika dua kondisi tersebut terjadi..Sakit telah membuat orang tersebut sedih..Namun apalah daya..Bukannya tidak mau berusaha..Namun, berkaca dari kejadian – kejadian yang lama, kedua hal tersebut memegang peranan penting dalam hal menjalin sebuah hubungan walaupun kita ingin menyangkalnya dan mengatakan kedua hal tersebut tidak berpengaruh.

Terkadang saya kesal dengan kedua aturan tersebut..Perbedaan membuat tidak bisa bersama..Kadang kala juga ada stereotype bahwa semua keluarga yang berantakan maka anaknya juga pasti tidak benar..Dan itu lagi – lagi menjadi penghalang untuk membina sebuah hubungan..Jangan melakukan generalisasi antara orang tua dan anaknya..Tidak selamanya saat orangtua jelek maka anak juga akan begitu..

Mungkin sudah saatnya berpikiran terbuka dan tidak melakukan pengkotak-kotakan lagi..Semua manusia diciptakan sederajat dan sama jadi seharusnya tidak ada 2 poin tersebut..

Jika kamu ternyata sedang suka atau jatuh cinta dengan seseorang yang tidak memenuhi kriteria di atas, maka diharapkan kamu dapat menanggung resikonya dan berusaha sebaik – baiknya sesuai dengan yang kamu inginkan.

9 thoughts on “Cinta Terlarang

  1. coba g ini ibumu, tak akan melarang apa pun… Go ahead aja🙂
    kita ini manusia sebenarnya dari pencipta yg sama. Klo pun ras-nya berbeda, ya pasti ada maksud dr si pencipta. Tp harusnya bukan maksud utk mengatakan ras ini lebih baik dr ras yg lain. Klo agama, itu kan pilihan n kepercayaan masing2. Hanya sebuah jalan berbeda menuju ke Tuhan yang sama. Selama masing2 sadar utk menghargai agama masing2, menurut g oke-oke aja tuh. So, menurut g, dua-duanya bukan halangan untuk bersama. Begituuuu….

    • huoooooooooo..andaikan semua orang bisa berpikiran seperti itu..
      tapi sepertinya hal – hal mengenai perbedaan itu tidak bisa dihilangkan begitu saja, abisnya tampak sudah mendarah daging..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s