Mencari Identitas (Facebook)


Untuk tugas Keamanan Informasi kali ini tugasnya adalah:

Dikisahkan Anda diteror oleh seseorang di rekening Facebook Anda. Misalnya Anda menerima message dari orang yang tidak dikenal secara berulang-ulang, atau orang tersebut menuliskan pesan yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana Anda mengetahui siapa orang ini?

Dalam kasus lain, Anda diminta untuk mencari tahu siapa yang membuat sebuah group tanpa ikut menjadi anggota dari group tersebut. Bagaimana caranya?

Singkatnya Anda diminta untuk melakukan investigasi terhadap rekening facebook. Uraikan ide-ide Anda.

Berikut ini akan diuraikan langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Melihat profil dan info dari account facebooknya, kemudian juga melihat daftar teman yang dimilikinya. Jika dia memang berniat jahat maka tentunya informasi mengenai dirinya dan juga daftar temannya terbatas. Seandainya masih terdapat recent activities yang dilakukan maka kita dapat mencoba mencari melalui Google.

Langkah 2:

Jika langkah 1 masih belum membuahkan hasil apa-apa maka langkah berikutnya ialah menelusuri IP pengirim pesan tersebut. Namun, jika kita melihat header dari pesan yang dikirimkan lewat Facebook maka IP yang dapat dilihat adalah IP dari email client yang digunakan oleh facebook. Namun, ada satu hal yang dapat diperoleh dari header pesan tersebut yaitu gateway pesan. Dengan adanya gateway tersebut, maka kita dapat mengetahui lokasi pengiriman pesan tersebut. Kemungkinan informasi yang dapat diperoleh dari informasi gateway tersebut adalah IP jaringan yang digunakan untuk mengirimkan pesan tersebut misalnya IP dari ISP yang digunakan untuk mengirimkan pesan. Dari IP tersebut kita dapat menggunakan berbagai macam situs untuk mengetahui lokasi si pengirim pesan.

Langkah 3:

Hmm.. Jika langkah kedua terlalu sulit dan lagi – lagi tidak membuahkan hasil, maka selanjutnya adalah membuat sebuah akun facebook baru dan memintanya menjadi teman. Kemudian melakukan basa-basi dengan mengajak berkenalan dan meminta akun messengernya. Setelah mendapatkannya maka kita dapat kembali menelusuri IP dari akun tersebut dan mencari lokasinya melalui situs-situs yang ada.

Langkah 4:

Agak mustahil untuk dilakukan. Jika sudah menjadi temannya, maka kita meminta nomor handphonenya. Tetapi hal ini agak mustahil untuk bisa dilakukan, karena jika dia berniat jahat maka tentunya dia tidak akan memberikan nomor handphonenya dengan mudah. Namun, jika kita berhasil mendapatkan nomornya, kita dapat mencari lokasinya melalui service providernya.

Sekian langkah – langkah yang bisa saya dipikirkan untuk mencari identitas tersebut. Semoga bermanfaat. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s