Pengurusan Legalisir Dokumen ke Kemenkumham, Kemenlu, dan TETO


Hola! Lama tidak berjumpa dengan saya :D

Kali ini saya akan membahas tata cara pengurusan legalisir dokumen yang dibutuhkan di NTUST (National Taiwan University of Science and Technology). Pengurusan legalisir dokumen memakan waktu yang cukup lama, kira-kira hampir 2 minggu lebih. Tentunya pengurusan legalisir dokumen ini bisa dilakukan dengan cepat jika menggunakan biro tertentu atau calo tapi semakin cepat semakin mahal pula biayanya. Saya memutuskan untuk mengurusnya tanpa menggunakan biro/calo supaya sekalian mengetahui cara pengurusannya.

Tahap awal ialah legalisir notaris. Legalisir notaris dilakukan bila pihak kemenkumham belum memiliki spesimen tanda tangan petinggi universitas yang menandatangani ijazah maupun transkrip kita. Oh iya, ijazah dan transkrip yang diberikan harus dalam bahasa Inggris. Bila ijazah dan transkrip yang dikeluarkan oleh universitas hanya dalam bahasa Indonesia, maka sebelum memulai legalisir, ijazah dan transkrip tersebut harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris terlebih dulu oleh penerjemah tersumpah. Berhubung universitas saya juga dapat mengeluarkan ijazah dalam bahasa Inggris dan transkrip yang diberikan memang sudah dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), maka saya tidak perlu pergi ke penerjemah tersumpah.

Kembali ke legalisir notaris. Notaris yang digunakan harus notaris yang terdaftar di kemenkumham. Karena saya tidak tahu notaris mana saja yang terdaftar di kemenkumham, saya menggunakan notaris yang ada di Kemenkumham. Di bagian luar pintu pelayanan jasa kemenkumham terdapat beberapa notaris yang standby sehingga Anda dapat menghubungi salah satunya. Notaris yang saya gunakan memberikan tarif Rp 100.000/dokumen untuk dokumen asli dan Rp 50.000/dokumen untuk dokumen hasil fotokopi. Perhatikan cap yang diberikan oleh notaris berbeda untuk dokumen asli dan dokumen hasil fotokopi. Untuk dokumen hasil fotokopi, capnya bertuliskan “mengesahkan sesuai asli” sedangkan untuk dokumen asli tulisannya “waarmerking”. Legalisir notaris tidak lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Dokumen yang perlu dilegalisir notaris ialah fotokopi ijazah Inggris, fotokopi transkrip Inggris, hasil medical check-up, dan surat keterangan asuransi.

Setelah itu, dokumen tersebut dimasukkan ke dalam map biru dan diberikan ke bagian legalisasi dokumen di kemenkumham. FYI kantor kemenkumham mulai beroperasi sejak jam 09.00-14.30 (kata satpam di sana). Ketika masuk ke bagian layanan jasa, langsung saja pilih layanan legalisasi dan ambil nomor antrian. Jangan lupa menyediakan materai sesuai jumlah dokumen yang ingin dilegalisir. Sebelum itu, hasil dokumen yang sudah dilegalisasi oleh notaris perlu difotokopi terlebih dahulu. Jadi, dokumen yang diserahkan ke bagian layanan legalisasi dokumen kemenkumham adalah dokumen hasil legalisir notaris dan fotokopi masing-masing dokumen hasil legalisir notaris tersebut. Prosedurnya tidak lama. Hanya perlu mengisi formulir yang akan diberikan ketika kita sudah bertemu dengan CSnya (customer service) kemudian kita harus langsung membayar biaya legalisir. Biaya legalisir di kemenkumham adalah Rp 25.000/dokumen. Dokumen yang perlu dilegalisir di kemenkumham adalah fotokopi ijazah Inggris, fotokopi transkrip Inggris, dan surat keterangan asuransi sehingga biaya yang perlu dibayar ialah Rp 75.000 (hasil fotokopi legalisir notaris tidak dihitung). Lama  proses legalisir di kemenkumham 2 hari. Saya memasukkannya hari Rabu dan hari Jumat saya sudah bisa mengambilnya. Biaya legalisir dibayar di loket BNI yang juga tersedia di dalam kantor pelayanan tersebut. Kita hanya perlu mengisi slip setoran (layaknya slip setoran bank) dan antri untuk menyetornya. Jangan lupa mengambil nomor antrian karena nomor antrian bayar berbeda dengan nomor antrian legalisir. Legalisir di kemenkumham juga membutuhkan fotokopi KTP.

Jika dokumen telah selesai dilegalisir di kemenkumham, segeralah fotokopi kembali karena fotokopi tersebut kembali dibutuhkan untuk legalisir kemenlu. Legalisir di kemenlu membutuhkan map kuning. Jadi persiapkanlah map kuning, masukkan dokumen-dokumen yang telah dilegalisir di kemenkumham ke dalam map tersebut beserta fotokopiannya, dan sediakan materai sejumlah dokumen yang akan dilegalisir. Layanan legalisasi di kemenlu mulai beroperasi pukul 09.00-16.00. Anda perlu mengisi sebuah formulir terlebih dahulu dan sayangnya di bagian ini tidak bisa diwakilkan (Anda tidak dapat menitip dokumen ke teman Anda). Jika ingin diwakilkan, maka harus ada surat kuasa dan sepertinya itu rumit. O, iya untuk legalisir di kemenkumham bisa diwakilkan. Tidak seperti di kemenkumham yang memiliki nomor antrian, di kemenlu tidak terdapat nomor antrian (sepanjang penglihatan saya). Mungkin karena tidak banyak orang yang datang ke sana. Proses legalisir di sana mungkin bisa dibilang juga 2 hari. Saya memasukkannya hari Jumat dan hari Senin berikutnya sudah bisa saya ambil. Biaya yang dibutuhkan untuk legalisir di kemenlu ialah Rp 10.000/dokumen.

Setelah legalisir kemenlu, tahap terakhir adalah legalisir TETO. FYI, Taiwan tidak memiliki kedubes di Indonesia sehingga yang menggantikan fungsi kedubes itu adalah TETO (Taipei Economic and Trade Office). TETO terletak di gedung Arta Graha lantai 12. Legalisir di TETO tidak membutuhkan map apapun. Persiapkan saja dokumen yang telah dilegalisir di kemenlu + hasil medical check-up + fotokopi paspor + fotokopi surat penerimaan (Letter of Acceptance/LoA) dari universitas + fotokopi hasil legalisir di kemenlu. Anda akan diberikan nomor antrian lagi dan kemudian mengisi formulir tertentu. Lagi-lagi legalisir ini tidak dapat diwakilkan dan jika ingin diwakilkan harus ada surat kuasa. Biaya legalisir di sini cukup mahal yaitu Rp 138.000/dokumen. Di sini saya menghabiskan Rp 552.000 untuk 4 dokumen :( TETO menyediakan 2 jalur legalisir yaitu jalur cepat dan jalur biasa. Jalur cepat membutuhkan waktu 3 hari sedangkan jalur biasa membutuhkan waktu 5 hari. Saya memilih jalur biasa karena tentu saja harganya lebih murah. Saya memasukkannya hari Senin dan baru bisa diambil hari Selasa minggu depan. Jika Anda lupa fotokopi hasil legalisir kemenlu, di TETO terdapat sebuah mesin fotokopi tapi biaya fotokopinya cukup mahal yaitu Rp 500/lembar. Jam kerja untuk legalisasi adalah 08.30-11.30 sedangkan jam pengambilan hasil legalisasi ialah 13.00-16.00.

Jika seluruh jalur legalisir ini telah selesai, maka Anda sudah siap untuk membuat visa di TETO :D

Saya akan merangkum dokumen yang dibutuhkan untuk legalisir notaris, kemenkumham, kemenlu, dan TETO:

  1. Legalisir notaris: ijazah Inggris, transkrip Inggris, hasil medical check-up, dan surat keterangan asuransi
  2. Legalisir kemenkumham: ijazah Inggris, transkrip Inggris, dan surat keterangan asuransi. Selain itu butuh fotokopi KTP untuk pengisian formulir legalisir.
  3. Legalisir kemenlu: ijazah Inggris, transkrip Inggris, dan surat keterangan asuransi
  4. TETO: ijazah Inggris, transkrip Inggris, hasil medical check-up, dan surat keterangan asuransi. Selain itu dibutuhkan juga fotokopi paspor dan fotokopi LoA dari universitas. Fotokopi paspor dan LoA tidak akan dilegalisir.

Alamat kemenkumham, kemenlu, dan TETO ialah:

  1. Kemenkumham: Direktorat Jenderal Adminstrasi Hukum Umum, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. 6-7, Kuningan, Jakarta Selatan. (Seberang Plaza Festival Kuningan)
  2. Kemenlu: Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler, Kementrian Luar Negeri, Jl. Pejambon No. 6, Jakarta Pusat (dekat Stasiun Gambir)
  3. TETO: Gedung Artha Graha Lantai 12, Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 52-53, SCBD, Jakarta Selatan (seberang Pacific Place)

Sekian pengalaman saya. Semoga info ini bermanfaat bagi yang akan berangkat untuk studi di Taiwan khususnya NTUST.

再见!

signatureblack

About these ads

102 thoughts on “Pengurusan Legalisir Dokumen ke Kemenkumham, Kemenlu, dan TETO

  1. Thanks, sangat membantu!
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. Petinggi universitas yang dimaksud adalah ketua program studi atau dekan fakultas?
    2. Bea materai dengan harga berapa yang digunakan? Jika dokumen fotocopy yang dilegalisasi berjumlah 1 lembar namun bolak balik, berapa jumlah materai yang digunakan dan berapa biaya yang diperlukan untuk legalisasi notaris?
    3. Jenis asuransi apa yang diperlukan? (meliputi apa saja?) Memakai jasa asuransi siapa?
    4. Apakah ada dokumen asli yang perlu dilegalisasi oleh TETO? Apa saja?
    5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan mulai dari legalisasi di kemenkumham hingga visa selesai dibuat?

    Terima kasih.

    • 1. Petinggi universitas itu tergantung siapa yg tanda tangan di ijazah dan transkrip
      2. Materai seharga 6ribu untuk setiap dokumen. Jadi walaupun 1 dokumen terdiri dari 10 lembar bolak balik cuma butuh 1 materai. Harga legalisir notaris tergantung notarisnya. Kalau di kemenkumham 50rb-100rb
      3. Asuransinya harus yg menangani kesehatan dan kecelakaan minimal 4 bulan pertama sejak kedatangan di Taiwan. Tapi lagi2 tergantung univ. Ada univ yg ga perlu asuransi. Saya make chartis.
      4. Dokumen asli yang dilegalisir itu medcheck+asuransi. Sisanya cuma buat bukti. Ga dilegalisir.
      5. Karena saya belum beres legalisir teto jadi ga tau berapa lama waktu buat bikin visa. Kata orang sih bisa seminggu. Kalau dihitung dari legalisir kemenkumham berarti paling cepat 3 minggu.

  2. notarisnya ngecek sertifikat asuransinya gak? rencana saya mo pake asuransi yg murah,yg sebenernya cuma asuransi kcelakaan (bukan “kesehatan & kecelakaan”) yg kayanya ga bisa claim di taipei.

    trus, pengalaman saya ngurus apa2 sama kantor pmerintah, map yg saya bawa sndiri itu slalu ga kepake, karna ujung2nya diharuskan pake map yg cuma dijual koprasinya.

    • Notaris cuma ngambil fotokopi asuransinya sebagai arsip. Yang bakal ngecek asuransinya itu univnya sendiri dan kalau asuransinya tidak memenuhi syarat ya ga bakal diterima sama univnya. Jadi pake asuransi yang benar-benar memenuhi persyaratan univ.

      Saya pake map sendiri dan itu diterima saja oleh kemenkumham dan kemenlu. Tidak ada masalah.

  3. Mau numpang tanya juga,
    1. Proses di kemenkumhan dan kemenlu masing-masing berapa lama?
    2. Notaris yang terdaftar di kemenkumham itu maksudnya yang bagaimana? Bukannya semua notaris yang sudah punya SK harusnya terdaftar di Kemenkumham? Soalnya di dekat rumah saya ada notaris yang biayanya cuma 10.000/lembar, jadi sayang kalo tidak dimanfaatkan
    3. Apa benar untuk legalisir kemenkumham harus yang bahasa inggris? Soalnya saya disuruh legalisir bahasa Indonesia juga untuk persyaratan beasiswa.

    謝謝

    • 1. Prosesnya sekitar 3 hari dihitung dari hari pengajuan
      2. Hmm, yang ini sebenarnya agak bingung sih. Soalnya katanya ada jenis notaris yang emang bisa cap/legalisir gitu tapi dia ga terdaftar di kemenkumham. Jadi sama aja ga bisa dipake. Coba aja ditanya ke notarisnya itu uda terdaftar belum di kemenkumham.
      3. Dokumen yang dilegalisir sih cuma yang inggris soalnya yang diminta emang cuma itu. Kalo baru mau ngajuin beasiswa ga perlu legalisir notaris dkk dulu. Kalo uda keterima baru legalisir. Soalnya biaya legalisir yang TETO ga murah.

      不客气 :D

      • Iya, saya udah keterima beasiswanya, tapi untuk proses selanjutnya kemarin di-email disuruh legalisir yang bahasa indonesia juga.
        Oh, iya, kalo boleh, mau sekalian kenalan. Saya alumni ITB juga, dan akan sekolah di kampus tetangga, NTU. Jadi mungkin kita bakal ketemu taipei. 認識你,很高興^^

  4. mau tanya kak.. biaya legalisir di TETO kira2 brp ya?
    sama biaya medcheck n asuransi jg .. thanx kak .. mmbantu bgt :)

    • biaya legalisir kalo ga salah ingat 138ribu/dokumen..jadi kalo 4 dokumen bayarnya 552ribu..

      kalau medcheck bayarnya 450ribu..asuransi 541.400 *kalau ga salah ingat*

  5. kalo boleh tau…legalisir notaris dengan notaris apa ya? saya perlu juga legalisir dengan notaris…tapi ratenya mahal2 semua. T,T ada contact notaris nya mba? :D

    • ratenya emang rata-rata 50ribu-100ribu sih kalo notaris yang ada di kemenkumham..
      saya ga ada kontak notarisnya soalnya pas datang ke kemenkumham langsung nyari notaris yang kebetulan ada di sana aja..

  6. legalisir dari notaris, kemenkumham, dan deplu ada yang pakai bahasa inggris g ya?
    universitas tempat saya mau apply, minta semua stempel harus dalam bahasa inggris.

  7. haii…
    tanya donk kira2 butuh waktu berapa lama sih sampe semuanya selesai sampe jadi VISA?
    soalnya saya kan kerja jadi waktu buat ke tempat2 itu agak susah :(

  8. pengurusan dokumen sampe ke TETO ntu tuk pendaftaran kan ya??? coz kok hrus ada LoA, LoA kan bwt klo sdh keterima. truz dokumen yg diserahkan pada saat apply pertama x ntu hrus ttp dlegalisir di ketiga departemen tsb + TETO???

  9. Halo mbak/bu, mw tanya nih. Jd klw mw ngurus legalisir ijasah itu uang yg harus di bawa berapa ya and legalisir ijasah nya berapa banyak yg musti di bawa? sy februari ini ke taiwan, kterima di NTNU, Thx atas info dan bantuannya.

    • jumlah ijazah yang harus dilegalisir tergantung univnya minta berapa..
      kalo soal biaya kalo ga salah ingat sekitar 700-800ribu (tidak termasuk visa)..kalo ditambah visa, berarti nambah 600ribu-an lagi..

  10. Thanks bgt ya buat infonya :)

    Tp masi agak bingung ni..mohon bantuan pencerahannya :D

    1. Transkrip asli sementara blm bisa diambil dr kampus, tp fotokopi nya sudah ada cap asli & legalisir dr pihak kampus jg. Apakah untuk transkrip ckp bawa fotokopi yg telah dilegalisir pihak kampus?

    2. kalo dari uni kita keluar ijazah versi english & indo..kita cukup perlu legalisir (notaris, depkumham, deplu, teto) yg bhs inggris aja? soalnya aku baca di blog lain kok dia blg yg ijazah indo jg perlu ya.

    3. Untuk medical check up berarti cukup watermaarking notaris, trus lgs ke TETO ya? Tidak perlu pakai legalisir depkumham & deplu kan?

    4. Terkait medical check up, form health report dari NTUST dan Visa TETO kan berbeda. Untuk yg perlu dilegalisir yg untuk Visa Teto saja kan? yang form NTUST cukup di scan dan diupload saja to? ato bagaimana?

    Terimakasih sebelumnya atas bantuannya :D

    • 1. ga bisa kalo cuma ada fotokopi soalnya orangnya minta juga yang aslinya..
      2. cuma yang inggris aja kalo ke NTUST..
      3. notaris -> langsung ke TETO
      4. pake yang punya TETO aja trus discan dan diupload..gw ga pake yang form NTUST sih..

      sama-sama :D
      keterima di jurusan apa? spring 101 kan?

  11. Halo, saya mw tanya, itu polis asuransi nya musti pake bahasa inggis atau gk ap2x klw pake bahasa indonesia? krna asuransi saya pake bahasa indonesia. thx

  12. Owh,berarti musti diterjemahin pake penerjemah tersumpah ya mbak? Oh ya ,nanya lagi nih,biaya hidup per bulan di taipei berapa ya? Thx a lot

    • iya harus ke penerjemah tersumpah kalau dari pihak asuransinya ga ngasih versi inggris..tapi harusnya bisa minta langsung ke pihak asuransinya bikinin yang versi inggris..

      biaya hidup tergantung makan apa tiap hari..kalo tiap hari cuma makan di kampus, ya bisa sekitar minimal 4500/bulan –> ini cuma buat makan (tanpa jalan-jalan kemana-mana atau makan di luar)

      kalo tinggal di asrama yang ntust bayarnya 6000/semester..kalo nyewa tempat tinggal sendiri rangenya sekitar 8000-12000/bulan..

  13. selamat siang, saya halim, juga spring 2013. mau nanya keberangkatan ke taiwan biasanya berapa hari sebelum kuliah efektif? mau memperhitungkan apakah keburu ngurus sendiri, mengenai asuransi, itu surat keterangan saja atau dengan polis dan keterangan apa saja yang ditanggung atau gimana ya? terima kasih.

    • kalo mau jalan-jalan dulu sih seminggu sebelum mulai kuliah :)) liat aja tanggal daftar ulangnya kapan, soalnya tiap jurusan beda-beda kan tanggalnya..kalo ga mau jalan-jalan, ya datanglah 1-2 hari sebelum tanggal daftar ulang..

      asuransi itu surat keterangan beserta nilai asuransinya..nilai asuransinya itu yang ditulis rinci: apa aja yang ditanggung, berapa besarnya masing-masing tanggungan, dan berlaku sampe kapan..

      yang perlu dilegalisir cuma surat keterangan saja..yang nilai asuransi itu cukup bawa fotokopiannya saja

  14. Untuk asuransi sepertinya ada opsi mengurus langsung pada saat registrasi di ntust yah? karena rasanya cukup repot jk mengurus dr indo dan jg biaya nya yg relatif sama. cmiww

    Sehingga yg perlu diprepare untuk ntust dr indonesia ada 3 item; ijazah inggris, transkrip inggris & health report?

    • beda sih asuransi yang di ntust ini..yang di ntust emang wajib ngurus NHI setelah mulai kuliah..tapi sebelumnya ntust juga tetep minta asuransi dari negara asal yang mengcover minimal 3 atau 4 bulan gitu setelah kedatangan..soalnya NHI ini baru bisa diurus setelah kita satu semester tinggal di Taiwan..
      jadi tetap butuh asuransi dari indo..ntar pas daftar ulang, asuransinya itu juga bakal diminta sama ntustnya

  15. Hai Mbak mau nanya masalah legalisir ijazah dan transkrip di kemenkumham dan kemenlu nih :
    1. Ijazah dan transkrip saya sudah dalam bahasa inggris dan sudah dilegalsir ma universitas. Jadi apakah harus ke notaris juga untuk legalisasi sebelum di legalisirkan di kemenkumham?
    2. Apakah saat legalisir baik di Kemenkumham atau kemenlu Ijazah asli harus disertakan atau hanya diperlihatkan saja?

    ditunggu jawabannya. Terima kasih

    • 1. harus tetap ke notaris dulu sebelum ke kemenkumham :D
      2. wah agak lupa yang ini..kalo ga salah ingat sih ga perlu disertakan cuma ditunjukkan saja..pas legalisir teto baru disertakan juga yang aslinya cuma ntar kalo uda beres dibalikin lagi yang aslinya..

  16. Ternyata NTUST isinya banyakan org indo ya ,hehehe. Thx atas infonya mbak, sy udh di taipei skrg di NTNU gongguan. Thx a lot for the info…^_^

  17. oh iya mbak, blog nya tolong tambahin tutorial bahasa mandarin,hehehe. Kyaknya mbaknya bisa bahasa mandarin ya? org sini gk bisa baca tulisan alfabet maupun english. repot :)

  18. Halo mbak, maaf sy mw tanya lagi: form medical check up nya dpt diperoleh dr mana ya? soalnya wktu itu sy minta ke teto lgsung. thx

  19. Halo Mbak, maaf mw tanya lg nih :) , itu medical check up yg kita lakukan di indo berlakunya berapa lama ya? Thx

    Btw, prtunjukkan ICE nya keren abiss, mbak nya bisa nari toh? hehehhe

  20. owh gtu, thx for the info.

    heheehe, tp mantep kok mbak, performance nya :) , saluto sy. Tahun dpan mbak nyanyi aja klw gtu ,hehehe…..

  21. Hola mbak, it’s been a while :). Saya mw tanya lg nih, dulu wktu mbak ke taiwan pke asuransi ap ya?

    ad yg asuransi murah gk? hehehe , thx

    • hola juga :D
      dulu pake asuransi Chartis..bayarnya sekitar 541000 kalo ga salah..itu uda milih paket paling murah -> uda ga mikir nilai yang ditanggung sama asuransinya kalo ada kecelakaan, cuma mikir yang bayarnya paling murah :P

  22. hahaha, btw, thx ya , udh di approve jd temen fb. Owh, paket yg 541000 rupiah ya? soalnya sy bgung, asuransinya mahal semua, hehehe….

    • ah iya itu maaf ga nyadar ada request fb..soalnya kalo emang ga kenal ga gw approve..trus tadi barusan “ngeh” namanya kok sama dengan salah satu request fb :))
      iya paket plan 5 yang paling murah :P

  23. Buanonotte la signora!! niatnya sih tanya dstatus yg kmarin, cuma apparently ad yg jeles :(. Numpang tanya lagi yee, Kalo chartis itu polisnya pake english atw indo? coz sy pas prtama brgkt pake yg versi indo, jd musti nerjemahin lg, dan itu lumayan makan waktu. Secondly, sy baca di blog mbak, klw lgalisir kemenkumham byar 100rbu, itu pake calo ya? setahu sy gk semajal itu dah, hahahaha. Grazie mille :)

    • 1. polisnya bisa minta inggris kalo ga salah ingat..ato pas bagian surat keterangan asuransinya diminta bikinin yang inggrisnya (yang isinya berapa lama polisnya, besar tanggungannya berapa, dll)

      2. ga pake calo itu..gw ngurus sendiri kok ke kemenkumhamnya dan emang diminta sama petugas di sananya segitu..justru pas gw nyari tau dulu itu pake calo lebih mahal dari itu..

  24. Ok, Great !! Maaf klw sy tanya yg ttg calo, coz sy kenal slh satu calo di kemenkumham, and dia pasang tarif 60 rbu (dr notaris-menkumham-deplu) lgsung jd/ dokumen dan sehari lgsung jadi. hehehe (*smbil troll face). Makasih banyak mbak.

  25. Hola mbak :), maaf bgt nih tanya lg. Mbak di NTUST itu beasiswa per bulannya dpt brapa? and tuition nya di waive gk? Thx a lot.

  26. Mau tanya mbak.. dulu ngurus dari notaris sampai ke legalisir teto ngurus sendiri, kira2 habisnya berapa ya?biaya totalnya..terima kasih

  27. Mit, nanya dong, fotokopi ijazah dan fotokopi transkrip yang dilegalisir di notaris, depkumham, deplu, dll itu harus fotokopi yang udah hasil legalisir ITB, atau boleh fotokopian baru yang belum ada cap dari TU ITB?

  28. Halo.
    Saya mau tanya tentang pendaftaran polis asuransi di Indonesia. Kebetulan saya juga berencana menggunakan Chartis, tetapi saya tidak tahu bagaimana cara mendaftarnya. Apakah bisa online? Atau haruskah saya datang ke kantor Chartis?

    Berdasar pengalaman mbak Mita, pembayaran preminya apakah harus cash ataukah bisa melalui transfer bank / kartu kredit? Lalu setelah membayar premi, berapa lama surat keterangan asuransi tersebut dapat keluar? Terima kasih. :)

    • Kalau Chartis harus datang ke kantornya sepertinya soalnya saya dulu juga datang langsung ke kantornya.
      Bayar preminya saya pakai cash, kalau ga salah bisa transfer dan kartu kredit juga :D
      Setelah membayar kira-kira sekitar 1 minggu surat keterangannya sudah ada :D

  29. Kak, aku mau numpang tanya2 nih hehehe
    kan pas bikin visa kita disuruh bawa
    1. SURAT KETERANGAN DITERIMA / ADMISSION LETTER (Asli + Fotokopi)
    2. IJAZAH TERAKHIR & TRANSKRIP NILAI YANG TELAH DILEGALISIR (Asli + Fotokopi)
    3. MEDICAL CHECK-UP DI RUMAH SAKIT YANG DITUNJUK TETO DAN HASIL DILEGALISIR (Asli + Fotokopi)

    nah fotokopi hasil legalisir TETO nanti dibalikin atau nggak ya?

    trims utk repplynya..:)

  30. Halo Kak…

    Mau nanya terkait pendaftaran ke NTUST untuk pertama kali. Itu kan diminta fotokopi paspor. Apakah paspornya harus difotokopi semua (termasuk halaman kosong dan halaman endorsment telah dicap) atau cukup halaman biodatanya saja?

    Kemudian study plan itu kurang lebih harus menulis apa? Apakah lebih ke mata kuliah yang mau diambil ataukah lebih ke motivasi mengapa ingin ke sana dan rencana ke depan setelah lulus?

    Oh ya rencananya saya mau ngambil MBA juga untuk spring 2014 di NTUST… Semoga jadi ya dan bisa ketemu di sana.

    謝謝

    • Halo Tommy :D
      yang harus difotokopi itu cuma halaman biodatanya saja..halaman kosong ga perlu..

      study plan kalo buat MBA lebih ke arah kenapa memilih kuliah di NTUST dan memilih jurusan itu. Trus apa kaitan antara mengambil kuliah di NTUST dengan rencana ke depannya setelah lulus..

      kalau ngambil jurusan lain, study plannya lebih ke arah research plan -> mau riset di bidang apa, kenapa tertarik riset di bidang itu, dll..

      Wah, ditunggu kedatangannya :D

      不客氣

  31. kak kalo di taiwan apa perlu ada uang jaminan di bank ,kalo ada harus berapa?
    untuk SMA klas 3 pendaftaran kira2 bulan apa? kakak kuliahnya di NTU khan?

    • kalo studi di Taiwan dengan biaya sendiri minimal punya 16000 USD..kalo dapat scholarship, ga perlu ada financial statement..

      biasanya pendaftaran dibuka untuk fall dan spring..kalo fall, pendaftaran dimulai bulan januari-februari dengan deadline sekitar bulan februari-maret..kalo spring, pendaftaran mulai september-oktober, deadline oktober-november..

      saya kuliahnya di NTUST bukan NTU :)

  32. Kak, mau nanya…

    Kalo MBA di NTUST itu ada kesempatan untuk research gitu ga sih sama profesor di sana? Kan kalo jurusan lain (teknik) bisa kan research di lab2 tertentu dan kemudian dibayar..

    Terus MBA di NTUST ada spesialisasinya ga sih? Maksudnya apakah universitasnya itu terkenal akan suatu bidang tertentunya (misal financenya, HR-nya, Informastion Managementnya dll)?

    Thank you.

      • Terus kalau mau belajar bahasa mandarin bisa ga sih di NTUST?? Apa ada programnya dari kampus atau harus bayar biaya tambahan lagi/harus kursus di luar??

        • NTUST menyediakan kelas mandarin 1x dalam 1 minggu tapi tidak begitu efektif. cocok buat perkenalan..kalau mau serius belajar, banyak tempat kursus bahasa di sini dan harus bayar lagi..biayanya lumayan mahal tapi intensif

  33. Kak,

    Mau nanya lagi. Itu pas daftar online di webnya, itu ada kolom untuk masukin nama mandarin. Itu mending dimasukin apa jangan yah?? Tapi malu sih kalo masukin nama mandarin, tapi kemampuan mandarin di bawahnya masih ngisinya “poor”. Hehehe…

    • isi aja kalau memang ada, toh ntar juga namanya bakal dipake di arc kalo jadi lanjut ke taiwan :)

      ga masalah sih kemampuan mandarin “poor” kan nama mandarin itu diberikan orang tua atau kakek nenek jadi sebenarnya tidak begitu berhubungan dengan kemampuan kita berbahasa mandarin :P

  34. Kak, nanya lagi…

    Itu data yang high school perlu diisi ga sih? Ato cukup data s1 saja?

    Terus untuk nomor kontak, apabila mau masukin nomo hp gimana cara penulisannya, karena di form onlinenya ada format kode negara, kode wilayah dan nomor yang smuanya tidak boleh dikosongin.

    Thanks…

    • yang high school ga ingat..rasanya isi aja kalo bisa isi..

      trus yang nomor kontak:
      kode negara 62, sisanya distribusiin aja ke kotaknya sampai penuh..
      contoh: 0811233279 -> 62 – 81 – 1233279

  35. Tanya lagi…

    Di formnya ada account yang wajib diisi yaitu: contact person.

    Itu maksudnya apa yah? Apa contact person di Taiwan? Kalo ga punya kenalan di Taiwan gimana?

    Thx.

  36. Terima kasih Kak currarpickt atas info2nya,

    Saya Andrian, calon mahasiswa NTUST, intake Spring 2014, sedikit mau sharing soal medical check-up, karena sebelumnya saya cukup kesulitan mendapat info yg cukup lengkap ttg tahap ini.

    saya baru saja medical check-up di Klinik Satria Medika Sakti (daerah Hayam Wuruk, Jkt)
    harga medical check-up 450k + biaya foto 15k, jika nantinya diperlukan vaksinasi Rubella, dikenakan biaya 100k, tapi vaksinasi bisa tidak dilakukan di klinik tersebut, asalkan nanti ada surat dokter yg menyatakan telah divaksin yg di-fax ke klinik tsb.

    Klinik buka jam 9.30, tapi sebaiknya datang jam 9, karena jika terlalu siang nanti harus ikut mengantri dengan para TKI. Check-up berlangsung sekitar 1 jam. Hasil medical check-up berlaku selama 3 bulan.

    Tes yg dilakukan a.l.: tes darah, gigi, rontgen, tekanan darah, buta warna, tinggi + berat badan, feses dan urine.

    Dokumen yang perlu dibawa a.l. fotocopy KTP & paspor dan foto 3×4 1 lembar

    Semoga membantu. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s