Cara Membuat Paspor di Bandung


Tulisan ke-55 ini didedikasikan untuk berbagi pengalaman mengenai cara membuat paspor di Bandung. Pembuatan paspor di Bandung tentunya harus dilakukan di Kantor Imigrasi Bandung yang berada di Jl. Suropati No. 82. Bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi alias harus naik kendaraan umum (baca: angkot) bisa naik angkot Caheum-Ciroyom dari Simpang Dago. Hati-hati ketika naik angkot ini. Naiklah angkot Caheum-Ciroyom yang belok ke arah Dipati Ukur dan bukan angkot yang lurus ke bawah yaitu ke arah BIP. Angkot Caheum-Ciroyom ini berwarna hijau dengan garis orange dan sangat mudah dikenali karena biasanya menggunakan mobil kijang sehingga ukurannya jauh lebih besar dari angkot Kelapa-Dago walaupun warnanya sama. Dengan menggunakan angkot Caheum-Ciroyom ini, anda hanya perlu sekali naik angkot karena angkot ini akan melewati kantor imigrasi Bandung. Tentu saja anda harus menyeberang jalan untuk mencapai kantor imigrasi tersebut. Begitu pula dengan perjalanan pulangnya. Cukup naik angkot yang sama yaitu angkot Caheum-Ciroyom dan anda akan kembali melewati Dipati Ukur. Perlu diingat bahwa angkot ini nantinya akan terus lurus menuju Cihampelas dan tidak berbelok ke arah Dago.

Apa saja yang perlu disiapkan?

Saran saya mendaftarlah melalui situs yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia terlebih dahulu. Situsnya dapat dituju di sini. Jika anda bingung bagaimana cara mengajukan permohonan paspor melalui situs tersebut, di menu paling bawah terdapat Petunjuk Pengisian Layanan Paspor Online. Saya akan tetap menjelaskan secara umum langkah-langkah pengisian layanan tersebut. Langkah-langkahnya ialah:

  1. Pilihlah menu Pra Permohonan Personal. Setelah memilih menu tersebut, anda harus mengisi data pribadi dan juga jenis permohonan anda. Untuk pembuatan paspor baru, pilihlah “Baru – Paspor biasa” pada field jenis permohonan. Kemudian jenis paspornya adalah “48H Perorangan”. FYI, katanya yang 24H Perorangan itu paspor untuk TKI.
  2. Isi data pribadi anda dengan lengkap kemudian tekan tombol Lanjut
  3. Lanjutkan pengisian data pribadi pada halaman selanjutnya kemudian tekan tombol Lanjut
  4. Upload hasil scan dokumen yang dibutuhkan. Terdapat 3 dokumen yang wajib di-upload agar dapat diproses ke tahap selanjutnya yaitu Copy KTP WNI, Copy Kartu Keluarga, dan Copy Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah. Kalau ketiga dokumen tersebut tidak lengkap maka permohonan tidak akan diproses.
  5. Tekan tombol lanjut dan pilih tanggal kedatangan di kantor imigrasi tersebut. FYI, kanim merupakan singkatan dari Kantor Imigrasi. Pilihlah Kanim 1 Bandung dan kemudian cek tanggal.
  6. Pilihlah salah satu tanggal yang tersedia kemudian tekan lanjut
  7. Masukkan kode verifikasi dan tekan OK
  8. Layar akan menampilkan pesan pra permohonan berhasil dan akan terdapat bukti permohonan. Bukti permohonan juga akan dikirimkan ke email anda. Perlu diingat bahwa bukti permohonan tersebut harus dibawa pada saat anda datang ke kantor imigrasi.

O iya! Untuk mengurus paspor, anda tidak perlu punya KTP Bandung. Bukan warga asli Bandung pun tetap dapat mengurus paspor selama memiliki KTP WNI :D

Selesailah tahap mengajukan pra permohonan paspor. Saya mengajukan pra permohonan tersebut di hari Selasa, 14 Februari 2012 kemudian mengisi tanggal kedatangan pada hari Rabu, 15 Februari 2012. Saran saya, datanglah lebih awal di pagi hari agar tidak perlu mengantri lama. Kantor imigrasi mulai beroperasi pukul 07.30 WIB – 12.00 WIB, dilanjutkan dengan istrirahat siang dan beroperasi kembali pukul 13.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB jika saya tidak salah ingat.

Di hari Rabu, saya berangkat dari kosan sekitar pukul 07.00 WIB dan sampai sekitar pukul 07.30 WIB. Sesampainya di kantor imigrasi, anda harus membeli map kuning beserta sampul paspor seharga Rp 10.000,00. Map dan sampul tersebut tersedia di warung yang ada di dekat tempat parkir motor. Selain itu, anda juga harus mengisi formulir permohonan dan surat pernyataan yang dapat diminta di loket dekat pintu masuk. Formulir tersebut kurang lebih sama dengan yang diisi pada saat mendaftar online. Jangan lupa sediakan materai 6000 karena materai tersebut digunakan di surat pernyataan.

Mengapa saya menyarankan untuk mendaftar online terlebih dahulu?

Karena antrian untuk pendaftar online berbeda dengan antrian pendaftar yang biasa dan antrian untuk pendaftar online lebih cepat. Hal ini disebabkan masih sedikitnya orang yang mendaftar online terlebih dahulu. Masih banyak orang yang memilih untuk langsung datang ke sana dan mendaftar sehingga antriannya lebih panjang. Kode untuk antrian bagi pendaftar online adalah C dan pada hari Rabu tersebut saya mendapat nomor antrian C001. Tanpa perlu mengantri saya langsung menuju ke loket dan menyerahkan berkas-berkas saya. Berkas yang harus dibawa adalah:

  1. KTP Asli
  2. Fotokopi KTP mengikuti format yang diminta kantor imigrasi yaitu di kertas A4 dengan setengah bagian atas kertas berisi tampak depan KTP dan setengah bagian bawah kertas berisi tampak belakang KTP. Tempat fotokopi yang ada di sekitar kantor imigrasi sudah hafal dengan formatnya. Anda cukup mengatakan “Fotokopi KTP untuk paspor” :D
  3. Kartu Keluarga Asli –> kalau tidak ada, tidak masalah. Saya juga tidak membawa yang asli karena yang aslinya ada di Makassar
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah Asli
  6. Fotokopi Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah

Masukkan berkas-berkas yang dibawa beserta formulir permohonan dan surat pernyataan tersebut ke dalam amplop kuning. Serahkan pada petugasnya dan anda akan mendapatkan tanda terima untuk melakukan pembayaran, wawancara, dan foto keesokan harinya. O iya, bagi anda yang orangtuanya dahulu berstatus WNA, anda akan diminta untuk membawa Surat WNI Ayah pada saat sesi foto dan wawancara. Kalau anda tidak berasal dari Bandung, maka petugas akan meminta anda membawa fotokopian hasil fax surat WNI tersebut. Saya termasuk orang yang bernasib beruntung tersebut dan diminta membawa surat WNI Ayah. FYI, surat WNI tersebut isinya adalah pernyataan dari pengadilan bahwa ayah anda telah melepaskan status WNA dan menjadi WNI.

Saya hanya menghabiskan waktu 15 menit saja untuk menyerahkan berkas-berkas tersebut :D

Hari Kamis, 16 Februari 2012 saya kembali ke kantor imigrasi untuk melakukan pembayaran, wawancara, dan foto. Datanglah dengan menggunakan pakaian rapi yaitu kemeja, celana panjang, dan sepatu. Bagi wanita yang berambut panjang usahakan poninya jangan menutupi alis karena petugas di sana mengatakan alis harus keliatan pada saat difoto. Sesampainya di kantor imigrasi, saya kembali mengambil nomor antrian dan mendapat antrian nomor C005. Antriannya kembali dibedakan antara yang telah mendaftar online dan yang mendaftar biasa. Tidak perlu menunggu cukup lama (kira-kira sekitar 10 menit) nomor antrian saya sudah tertera di loket pembayaran. Sekedar saran, sebaiknya anda menunggu di dekat loket pembayaran karena banyak yang sering menyerobot antrian :| Biaya yang harus anda bayar sebesar Rp 255.000,00. Saya lupa rinciannya apa saja.

Setelah membayar, anda akan mendapatkan kembali map berisi berkas yang anda serahkan kemarin dan anda harus menunggu lagi untuk mendapat giliran wawancara dan foto. Nomor antrian yang digunakan sama dengan nomor antrian membayar. Lagi-lagi tidak perlu menunggu lama, hanya sekitar 15 menit saja saya sudah dipanggil untuk wawancara dan foto. Hal pertama yang dilakukan adalah foto. Pastikan telinga, mata, dan alis anda terlihat (yang ini berarti kalau menggunakan kacamata harus dilepas dulu). Ketika petugas berhasil mengambil foto pertama kali, petugas akan bertanya apakah foto ini sudah cukup atau mau diulang. Biar cepat, saya langsung saja mengatakan cukup tanpa melihat dengan baik hasil fotonya :P Kemudian setelah foto dilanjutkan dengan scan sidik jari. Seluruh jari tangan akan discan.

Setelah beres foto dan scan sidik jari, anda harus kembali menunggu giliran wawancara. Cepat lambatnya antrian ini bergantung pada petugas imigrasinya. Ada yang bertanya macam-macam sehingga lama dan ada yang cuma bertanya 1 pertanyaan yaitu “Mau kemana?”. Ketika tiba giliran saya untuk diwawancara, saya maju dan menyerahkan map saya. Saat petugas membaca bahwa saya harus menyerahkan surat WNI Ayah, dia pun memeriksa surat WNI yang saya bawa. Ternyata kata petugas tersebut, surat itu tidak lengkap. Seharusnya ada surat pencabutan dokumen imigrasi juga. Saya tentunya tidak paham itu surat apa :| Petugasnya pun menjelaskan pada saya apa arti surat WNI tersebut dan surat pencabutan dokumen imigrasi yang harus saya bawa pada saat pengambilan paspor. Setelah diberikan penjelasan tersebut, saya diminta menandatangi buku paspor kosong dan diberikan tanda terima pengambilan paspor yaitu tanggal 22 Februari 2012.

Tanggal 22 Februari 2012, saya kembali mendatangi kantor imigrasi dan hanya berbekal surat pernyataan dari pengadilan lagi yang isinya kurang lebih bahwa ayah saya telah mencabut status WNA dan sudah lulus ujian bahasa dan sejarah Indonesia sehingga menjadi WNI. Antrian untuk mengambil paspor tidak lagi dibedakan :( Pengambilan paspor dimulai pukul 13.00 WIB, jadi kalau anda datang sebelum pukul 13.00 WIB, anda tidak akan dilayani. Namun, keuntungan datang lebih awal adalah mendapatkan nomor antrian lebih kecil :D

Menunggu sekitar 15 menit barulah nomor antrian saya dipanggil. Setelah menyerahkan surat pernyataan dari pengadilan dan tanda pengambilan paspor, saya disuruh duduk menunggu. Nantinya petugas akan memanggil satu persatu. Menunggu sampai nama saya dipanggil memakan waktu kurang lebih 20 menit. Ternyata surat pernyataan saya diterima dan saya berhasil mendapatkan paspor :D

Ada baiknya kalau anda punya waktu luang, anda mengurus paspor sendiri sebab waktu yang dibutuhkan tidak lama. Hanya seminggu saja. Kecuali jika sudah terdesak, mungkin anda akan menggunakan jasa calo. Namun penggunaan jasa calo tersebut sangat tidak saya anjurkan karena biayanya berkali-kali lipat dari biaya seharusnya.

Sekian pengalaman saya mengurus paspor di Bandung :D Sampai berjumpa di tulisan selanjutnya!

再見!

signatureblack

About these ads

126 thoughts on “Cara Membuat Paspor di Bandung

  1. Terima kasih atas informasinya :)
    tapi waktu cek tanggal, waktu untuk ke kanim jadi 1 minggu kemudian.. tidak ada pilihan untuk besok ataupun hari seninnya (daftar online hari rabu)
    ini kenapa ya…

  2. Thank’s banget info nya, sangat berguna sekali,
    bener banget, beda jauh antara permohonan daftar langsung sama permohonan via online, g hanya proses penyerahan dokumen, pas bayar,foto+sidik jari+wawancara juga beda jalur dan loketnya, sangat jauh lebih cepet.

    hari kemarennya (3 april) temen sy dateng jam 7 pagi tp via permohonan normal / g via online udah no A036 pas liat-liat ada yg pegang nomer A 253 :(. dan dia dapet surat panggilan buat bayar+wawancara+foto buat tanggal 9 april

    fyi : ane datang tgl 4 april jam 8 buat nyerahin dokumen jam 9 kurang dah pulang lg hehehe, dan dapet panggilan buat bayar+foto+wawancara besoknya (5 april), dan sy dateng jam 8 dapet no C006 g nyampe 10 menit dapet panggilan buat bayar, trus skitar 15menit kmudian di panggil buat foto + wawancara, jam 9 lebih dikit beres deh hehehehe trus di kasih surat buat ngambil pasport nya tgl 12 april

    thank’s very very a lot for the information

    – &i –

  3. saya juga mengalami masalah yg sama dengan yoo. padahal saya mengejar waktu..klo begitu berarti estimasi waktunya bisa sama saja dengan yg manual dong yah, bisa dua mingguan.

    • hmm sebenarnya sih waktu beresnya tetap saja sama antara online atau manual..sama-sama sekitar 2 minggu..yang beda cuma di waktu antrinya saja :D kalau tidak mau lama mengantri daftar online dulu..kalau rela ngantri lama sih manual aja :P

  4. mau tanya neh, kalo yang di upload itu scan foto copy atau scan yang asli? terus kalo kita daftar via online misalnya apakah jika kita datang hari senin terus selasa diminta datang selanjutnya? tks

    • yang di-upload itu scan fotokopinya, bukan yang asli. ketika sudah selesai mengisi data diri dan upload dokumen yang dibutuhkan, nanti akan ditanya bisa datang ke kantor imigrasinya kapan? tinggal pilih tanggalnya saja trus datang pada tanggal yang dipilih. trus kalau sudah datang pada tanggal yang dipilih (biasanya cuma untuk menyerahkan dokumen saja) nanti petugasnya ngasih bukti buat bayar+foto+wawancara beserta tanggalnya dan biasanya tanggal buat bayar+foto+wawancara itu langsung keesokan harinya :D

    • waktu saya menyerahkan dokumennya sih ga kenapa-kenapa walau ga ada kartu keluarga asli asalkan ada fotokopinya. Kalau memang aslinya bukan orang Bandung, bilang saja kartu keluarganya ada di daerah asal.

  5. ooo gt..makasih ya :)..eh btw kalo misalkan kita nyerahin map kuning di dlmnya dilampirin kartu keluarga yg fotokopian aja gak akan ditanyain lg?ato ditanyain trus kita blng ketinggalan?

    • pas nyerahin map kuning dilampirin semuanya yang fotokopian sih. Waktu saya cuma ngasih yang fotokopian juga ga ditanya aslinya mana. Kalau seandainya ditanya mending jangan bilang ketinggalan kalau emang ga ada soalnya kalau bilang ketinggalan nanti pas wawancara disuruh bawa. Kalau emang kartu keluarganya ada di daerah lain bilang langsung aja :)

  6. Mau tanya kalo yg sdh kerja wajib melampirkan surat rekomendasi dari tempat kerja atau boleh tidak pakai? trims

  7. mo nanya .. sy dah tulis kananim 1 bdg…
    pas cek tanggal ko tgl 07 bulan juni

    Ntu artinya sy melampirkan berkas 3 mggu donk ???

    di pilihan nya ga ada bulan mei …

  8. iya 255rb buat foto+wawancara trus 10rb buat amplop dan 6rb buat materai kalo ga bawa materai sendiri :P
    kayaknya kantor imigrasinya lagi penuh makanya dikasih pilihan bulan juni..

  9. informasinya kumplit dan membantu. Orang tua mau bikin, cuman ga punya akta kelahiran asli, cuman ada surat tanda lahir, itu pun fotocopy, yang asli ntah kemana. Kalau gitu bagaimana ya? Barangkali tau dan bisa sharing. Makasih sebelumnya.

    • hmm..coba dulu aja dibawa yang fotokopiannya..tapi bagusnya sih kalo emang ga ada akte lahir mendingan pake surat nikah aja :D kalo surat nikah harusnya ada kan ya? kan bisa salah satu dari akte lahir atau surat nikah atau ijazah :D

  10. ane mau nambahin pengalaman ane…ternyata ijasah itu tdk perlu dilegalisir terus kita itu tdk harus perlu datang ditanggal yg muncul dipra permohonan…contoh di pra permohonan ane, ane disuruh datang tanggal 12 juni tapi ane bisa datang buat verifikasi data ane tanggal 5 juni…so jd tanggal yang tertera di pra permohonan itu tanggal max buat verifikasi gan..sekian tambahan dr ane..hehe

    • @Raken Akhmad F : bikin paspor nya dikantor imigrasi bandung juga ya??klo emang bisa langsung datang (gak ngikut di tanggal pra permohonan), ane mau langsung k TKP deh besok..mohon bimbingannya..

  11. Halo, mau nanya dong. Tentang 3 dokumen yang harus diupload. Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah itu harus diupload semua yah? soalnya ijazah saya yang sdh dilegalisir udah ga ada :D
    thx

    • yang discan emang fotokopian kok..bukan yang aslinya..
      kan saya nulisnya:
      “Terdapat 3 dokumen yang wajib di-upload agar dapat diproses ke tahap selanjutnya yaitu Copy KTP WNI, Copy Kartu Keluarga, dan Copy Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah.”

  12. Mau tanya donk, kan disuru ambil paspornya mulai jam 1 siang. kita datangnya jam 1 siang atau sebelum jam 11 untuk ambil no antrian lg?

  13. Saya coba daftar online per tgl 26 juni tp dpt jadwal utk dtg paling cepat tgl 3 Juli. krn ga ada pilihan utk dtg keesokan harinya. pertanyaan saya sama dgn yg diajukan ulina_syach ke Raken Akhmad F. sbtlnya bs tdk dtg diuar jadwal yg ditentukan?

  14. Info tambahan »» klo pekerjaan kita adalah karyawan maka wajib melampirkan surat rekomendasi dr perusahaan/kantor tmpt kita bekerja (menggunakan kop surat & ditandatangani pemimpin yg berwenang). Surat rekomendasi ditujukan kpd Kepala Kantor Imigrasi dgn dicantumkan perihal utk pembuatan paspor baru.
    Sesuai pengalaman saya pribadi kmrn, jika blm melampirkan surat rekomendasi maka berkas blm bs diproses. Kecuali utk yg pekerjaannya adalah wiraswasta, maka surat rekomendasi ini tdk dibutuhkan.
    Semoga bs membantu.

  15. Kemarin kan saya dan teman saya buat surat permohonan bikin paspor di kanim sukabumi. Tujuan saya bukin paspor untuk liburan ke spore bersama teman saya itu td. Data2 yg kami bawa sih tidak ada maslah tp kami diminta surat ijin orang tua dan ktp asli ortu serta surat keterangan penjamin dan paspor penjamin. Sedangkan saya kan ke spore cuma berdua dgn teman saya jd siapa yg ngejamin? Mau pinjem paspor ortu dan keluarga tidak bisa karna kluarga saya tidak ada yg punya paspor sebelumnya.
    Jadi saya harus gimna ini?

    Yg ke dua kalo misal kita udah daftar di kanim sukabumi lalu saya mau daftar lg di kanim bandung karna maslah td itu gimna?

    • klo boleh mau bantu jawab.
      yang pake jilbab jelas boleh lah. saya juga paspornya pake jilbab dan ga ada masalah.
      alhamdulillah kita hidup di jaman maju di mana memakai jilbab tidak dilarang :)

  16. mba di web imigrasi ada pilihan jenis paspor. yg mana yang harus dipilih u/ perorangan soalnya ada 24H perorangan dan 48H perorangan. tks

  17. mau tanya dong, kok pas data udah diisi terus mau lanjut, malah kembali kelayar yang kosong… terus aku kan mau bikin paspor baru, berarti no paspor lama dan No. Rekomendasi Kemenaker (untuk TKI) ngga usah diisi kan ya?

  18. wah, infonya bagus banget. makasih ya :)

    btw, mau nanya.
    untuk akte kelahiran, apakah benar2 harus asli? soalnya punya saya ada di rumah saya, dan itu di luar Bandung. saya udah baca2 pertanyaan dan jawaban di atas, emangnya bener2 harus asli ya?

    makasih ya atas kesediannya menjawab :)

  19. maaf ko ada yang aneh ya,,ketika saya sudah selesai mengisi data-data di online..
    saya sudah sampai di verifikasi kode..
    ketika saya sudah masukan kode verifikasi dan klik ok..
    tapi tidak ada pesan pra permohonan berhasil dan akan terdapat bukti permohonan.
    di email saya juga ga ada..
    bagaimana donk solusinya ? terimakasih..

  20. hello, aku mau nanya nih sis (liat dr fotonya) xixi~

    sy pernah lihat ortu punya surat pergantian status dari WNA ke WNI, berhubung mereka keturunan Chinese waktu itu diminta untuk membuat surat2 tsb, apa memang harus dibawa & diperlukan yah surat seperti itu?

    trus satu lagi sis, apa yang maksudnya surat pencabutan dokumen imigrasi ?
    “Saat petugas membaca bahwa saya harus menyerahkan surat WNI Ayah, dia pun memeriksa surat WNI yang saya bawa. Ternyata kata petugas tersebut, surat itu tidak lengkap. Seharusnya ada surat pencabutan dokumen imigrasi juga. Saya tentunya tidak paham itu surat apa Petugasnya pun menjelaskan pada saya apa arti surat WNI tersebut dan surat pencabutan dokumen imigrasi yang harus saya bawa pada saat pengambilan paspor.”
    Kalau gitu berarti kita bawa 2 surat , surat WNI ayah & surat pencabutan dokumennya begitu?
    Trus hanya surat WNI ayah saja yang dibawa, atau dengan surat WNI IBU juga? Apa harus fotocopy atau surat aslinya?

    Maaf banyak tanya yah sis, soalnya belum pernah menjalani prosedurnya secara langsung… :(
    thx sebelumnya~ =]

    • kalo gw kemarin karena surat2nya ada di makassar jadi kata petugasnya boleh difax aja trus difotokopi..
      surat pencabutan itu ada tulisannya dari bagian imigrasi mencabut kewarganegaraan blablabla gitu..trus yang dibawa iya dua-duanya, surat WNI sama surat pencabutan imigrasi..
      yang dibawa ayah aja soalnya kalo ayah uda WNA, otomatis ibunya dianggap sudah WNA juga..

  21. Kalo untuk anak2 umur 3tahun dan 5tahun apa harus juga bikin pasport? Ato boleh ikut orangtua?
    Trus biaya nya brp ya kalo u/ anak2?
    Tx

  22. hr ini sy mau buat paspor gagal krn kk asli tdk ada. KK asli diambil kelurahan utk diganti kk no baru. sdh 8 bulan ga jadi2. kk copy sudah dilegalisir oleh kelurahan juga ga berlaku.

  23. Hallo saya mau tanya..
    Saya orang asal Malang dan menikah dengan pasangan saya, yang asli Surabaya..
    Saya berencana menetap di Surabaya, dan dokumen untuk pindah sedang dalam proses..
    KK asli malang dipegang kelurahan, saya hanya memiliki FC KK..
    Dalam kondisi ini apa saya bisa mengurus paspor di Surabaya, tanpa menunggu kepindahan saya selesai diurus? Apa saya harus meminta surat pengantar dari kelurahan?
    Mohon bantuannya..
    Thanks ya..

    • wah kurang ngerti..tapi mungkin bisa kali ya mengurus paspor di surabaya secara saya juga ngurus paspornya di Bandung dan ga pake surat pindah dari makassar (karena emang di Bandung cuma kuliah)..

  24. saya sudah memasukkan data tp pada tahap akhir tidak ada tampilan pesan pra permohonan berhasil dan tidak terdapat bukti permohonan.dan setelah cek email pun tidak ada konfirmasi..

    apa perlu dimulai dari awal lg?????

    • kalo ga salah ga perlu diulang dari awal asalkan data yang uda diisi di pra permohonan itu bisa diprint..coba cek di spam atau junk email, soalnya dulu saya emailnya masuk ke situ..

  25. mau tanya, kenapa pas saya upload file, hasilnya tidak bermasalah tapi setiap menekan tombol lanjut, pasti bilangnya ada beberapa dokument yang belum discan

  26. klo nama ortu di kartu keluarga ada kesalahan penulisan gimana tuh,apa perlu bikin surat keterangan,klo bikin surat keterangan dari kelurahan aja bisa?

  27. Nice info.. bmanfaat bgt
    ada yg ngin saya tanyakan Gan
    kl pengambilan passpor’y dilakukan oleh ortu bisa ga?
    Syara2′y apa j kl mw d ambil oleh ortu..
    Mksh

  28. Thanks infonya, besok lusa mau perpanjang paspor :D
    Sekedar tambahan, kalo di web nya susah upload dokumen, pastikan ukuran dokumen nya berkisar antara 500 – 600 kb, kalo kurang dari itu gagal2 aja ui :D

  29. Halo makasih banyak udah share. Berguna banget buat saya yang anak kos Bandung dan mau bikin paspor di Bdg juga. :)
    Mau tanya, kalo waktu panggilan untuk bayar/wawancara itu ditentukan sama pihak imigrasi atau kita bisa request ya? Maklum, mahasiswa ga tiap hari bisa kosong hehehe… Makasih ya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s